Satgas TMMD Kodim 0815/Mojokerto Bekali Warga Materi Pendidikan – KB – Gizi

1 0 72
Gambar untuk Satgas TMMD Kodim 0815/Mojokerto Bekali Warga Materi Pendidikan – KB – Gizi
Mojokerto, - Satgas TMMD Reguler Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, memberikan pembekalan materi kependidikan bagi warga setempat. Pemberian materi dilakukan OPD Pemkab Mojokerto yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-112.

Sasaran kegiatan non fisik dalam bentuk penyuluhan/sosialisasi dalam rangka memberdayakan masyarakat hingga hari ini terus digelar di lokasi TMMD. Kali ini, Senin (27/09/2021), dilakukan penyuluhan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, dengan peserta 20 orang terdiri dari perangkat desa, Kader PLKB, Karang Taruna, Ormas, Lembaga Masyarakat, Tenaga Pendidik dan perwakilan masyarakat.

Materi sosialisasi bertajuk “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19”, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran orang tua dalam mengedukasi anak dan dalam jangka panjang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Dalam materinya, Pengawas Sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Drs. Sunartono, M.M., mengupas, masa pandemi Covid-19 telah berdampak pada dunia pendidikan dan sejak bulan Maret 2020 tidak lagi dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Kemudian dengan adanya kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 di Indonesia, maka pada September ini, Kabupaten Mojokerto menerapkan PTM pada level 2 dengan kapasitas 50 persen dan 50 persen Daring (belajar dari rumah), itupun baru tingkatan TK hingga SMP.

Disampaikan pemateri, tentang problematika terkait pendidikan selama masa pandemi Covid-19, menyangkut motivasi belajar siswa, ketersediaan sarana dan prasarana dan tingkat keefektifan guru dalam menyampaikan materi. Hal ini lazim terjadi karena dampak faktor kemampuan, ekonomi, harmoni keluarga dan faktor ketidaksiapan.

Di sini dibutuhkan peran penting keluarga khususnya orang tua dalam menunjang pendidikan anak. Sejatinya pendidikan tidak hanya diserahkan kepada guru, tenaga pendidik dan pengajar namun peran orang tua dalam mengedukasi anak harus dimaksimalkan, terlebih di masa pandemi Covid-19. Sebelum mengakhiri materinya, Pemateri juga mewanti-wanti, jangan sampai anak-anak kita kehilangan kesempatan untuk belajar (Learning Loss), karena pendidikan adalah belajar.

Selain materi kependidikan, pada kesempatan tersebut, para peserta juga menerima pembekalan materi Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) Dinas P2KBP2 Kabupaten Mojokerto Drs. Abdul Kholiq N, M.M., dan materi Peran Masyarakat Dalam Peningkatan Gizi Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) oleh Kabid Sosial Budaya, Partisipasi dan Pelestarian Program Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Mojokerto, Hadi Siswoyo, S.H.

Kegiatan yang dibuka Kasi Peningkatan Partisipasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Mojokerto Prihastuti Wulandari, S.T., yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut, dihadiri Sekdes Duyung, Marsudi, Babinsa Duyung Serma Supi’i dan Bhabinkamtibmas setempat Bripka Ahmad Asmuni.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar