Resume sharing dan Diskusi Kepenulisan bersama Yojo Rifal

6 1 356
Gambar untuk Resume sharing dan Diskusi Kepenulisan bersama Yojo Rifal
"Kesulitan dalam menulis.
Banyak yang bertanya kepada saya. "Bagaimana cara menulis?" Saya jawab ; bahwa kenapa sangat sulit menulis karena keinginan dan ekspektasi kita terlalu berlebih berharap buku kita ketika terbit akan menjadi buku laris manis di pasaran. Kita mendapat apresiasi dan mendapat pundi-pundi rupiah padahal dari jawaban teman2 kemarin semuanya rata2 menulis tentang membagi pikiran dan menyampaikan pesan kebaikan" Ungkap Yojo Rifal penulis buku Merelakn Kehilangan

Adpun tips menulis dari Yojo Rifal untuk menambah semangat dalam berkarya
1. Niat
Niat yg kokoh akan membuat kita semangat dalam berkarya tanpa niat kita sudah kehilangan pondasi awal dalam menulis.

2. Aksi
Aksi apa guna niat banyak tapi tak mencoba mempraktikannya dan belajar terus bagaimana cara dan metode kelas menulis. Bukan berarti setelah menulis ini kalian akan menjadi penulis terkenal. Tapi melalui metode kepenulisan hingga sahabatku sekalian bisa semangat dan menulis dan mengetahui spesialisasi keahlian menulisnya ke mana apakah novel? Prosa? Puisi ? Cerpen dan lain-lain.

3. Membuat Jadwal
Temukan jadwal yang pas untuk menulis. Dalam berkarya harus ada target kerja. anda bisa memilih 1 minggu satu cerpen, satu hari satu quote. Dan tanpa sadar ketika di hari seratus kalian pasti kaget sendiri dengan hasil karya kalian seolah-olah itu bukan tulisanmu karena beda sekali dengan tulisan di awal2 dulu.

4. Optimis
Mulai saja dulu jangan takut-takut karena kebanyakan penulis pemula adalah mereka yang tidak mengizinkan diri ini untuk salah padahal untuk menulis kalian harus meningkatkan jam terbang dan latihan terus menerus. Terlalu berpikir bagamana ejaan yang baik dan benar dan bagaimana menempatkan titik dan koma. Jangan terlalu di pikir tapi menulis, menulis, menulis karena tugas selanjutnya adalah tugas editor dari penerbit yg kita pilih.

5. Ingat Tupoksi
Pisahkan antara menjadi penulis dan editor. Banyak dari kita menjadi penulis dan editor sekaligus . sehingga ketika penulis baru menuliskan dua kalimat jangan langsung di hapus ya gaes,, yang katanya jelek atau tulisan sudah separagraf eeh malah di hapus. Klau kita terus memegang prinsip tersebut maka sampai kapanpun tulisan kita tak akan maju-maju. Ketika menulis mencoba menulis saja dulu apa yg terlitas dalam pikiranmu. ketika sudah lima lembar karya mu tersurat baru anda bisa memilih menjadi editor.

6. Mindset Berkembang Bukan Berkubang
tanamkan hunting mindset dalam diri untuk bisa menulis. maka setiap hari anda akan terbiasa untuk menerapkan hobi menulis


7. Belajar Dari Masa Lalu
masa lalu tak selamanya pahit kadang juga manis, agar anda tak lupa dengan masa lalu coba tulis lah kejadian 5 tahun sebelumnya atau saat ini.. karena tanpa tulisan sejarah tak akan pernah ketahui.

8. Kuncinya Membaca
memperbanyak membaca untuk menambah wawasan dan jangan takut tulisan kita sama sudut pandangnnya dengan tulisan sebelumnya karena biasa saja tereliye belajr menulis dari penulis sebelumnya

Ingat!!!! Sebaik-baiknya tulisan kita akan ada yg membenci dan seburuk2nya tulisan kita akan ada yg menyukai.

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar