Rencana Piloting SATGAS SAKINA RAPIH, ASDA 1. Kab Garut Berikan Apresiasi dan Dukungan

1 0 251
Gambar untuk Rencana Piloting SATGAS SAKINA RAPIH, ASDA 1. Kab Garut Berikan Apresiasi dan Dukungan
Mendekatai pelaksanaan Piloting/Modelling sesuai isu prioritas yaitu percepatan penurunan AKI AKB di Kab.Garut, PDNA selaku Mitra Utama Program Madani Kabupaten Garut mengupayakan adanya koordinasi intensif dan konsultatif dengan sejumlah Stakeholder termasuk dengan pihak pemerintah. Di sela-sela kesibukannya, Bapak Suherman selaku Asisten Daerah 1 Kab.Garut menerima audiensi PDNA di ruang kerja utamanya di Komplek Sekretariat Daerah Kab.Garut, pada hari Kamis , 5 Agustus 2021.

Pada pertemuan tersebut, PDNA sebagai Organisasi Masyarakat Sipil yang terpilih dan berkesempatan mengelola program Madani (USAID - FHI360) di Kab.Garut menyampaikan sejumlah pencapaian dan progresifitas program yang dimaksud. Pelaksanaan Program Madani yang telah dilakukan diantaranya rangkaian program peningkatan kapasitas OMS Mitra Utama oleh Technical Assistance Madani Nasional hingga tiba pada program selanjutnya yaitu pelaksanaan Rencana Aksi Bersama terkait isu tematik yang diarahkan pada Percepatan Penurunan AKI AKB di Kab.Garut.

Pelaksanaan Rencana Aksi Bersama terkait isu tematik yang akan dilakukan oleh Mitra Utama Madani PDNA Garut bersama simpul belajar FAASIH (Forum Advokasi Anak Sehat Ibu Hebat) Kab Garut, yaitu pada Peningkatan Rujukan Kegawatdaruratan dan Kesiapsiagaan Partisipasi Masyarakat pada Keselamatan Ibu Melahirkan dan Bayi baru Lahir Melalui Penguatan Desa SIaga Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL) dengan melakukan pemetaan dan pembentukan Relawan Pendamping Ibu Hamil (RAPIH) untuk membantu mendampingi para Ibu Hamil dan Ibu Baru Lahir secara intensif sehingga senantiasa terpantau perkembangan dan keselamatannya. Relawan ini akan tergabung sebagai SATGAS SAKINA RAPIH, yaitu gugus satuan tugas Stop Angka Kematian Ibu dan Anak – Relawan Pendamping Ibu Hamil yang terbentuk dari inisiasi masyarakat dan dukungan dari para pihak melalui gerakan kolaborasi bersama.

ASDA 1 Kab.Garut sangat mendukung penuh upaya percepatan penurunan AKI AKB melalui Rencana Aksi Bersama terkait isu tematik dengan pelaksanaan Piloting/Modelling yang direncanakan akan dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Haurpanggung, di 2 desa; Desa Jayaraga dan Desa Haurpanggung. Asda 1 menyampaikan dengan tegas bahwa penanganan isu prioritas AKI AKB di Kab Garut harus bisa diintegrasikan pada sejumlah OPD terkait, jangan berpikir panjang dan harus kita dukung penuh dan support agar kasus AKI AKB di Kab Garut tidak bertambah lagi kasusnya. Harapannya dengan terbentuknya SATGAS SAKINA RAPIH dari unsur masyarakat, kelak akan mampu bersinergis dan membantu kinerja SATGAS AKI AKB yang juga telah terbentuk di Kab.Garut, sehingga ikhtiar dan upaya penanganan terhadap isu ini bisa dimaksimalkan dari semua unsur pemerintah, swasta dan masyarakat.

©- RSR

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar