RAPAT KOORDINASI SPMI DI SMP NEGERI 1 PEMENANG

1 0 551
Gambar untuk RAPAT KOORDINASI SPMI DI SMP NEGERI 1 PEMENANG
Tanggal, 2 September 2019 Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara, Bapak Dr. Fauzan, M.Pd, berkesempatan membuka secara resmi Kegiatan Rapat Koordinasi SPMI Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMPN 1 Pemenang. Kegiatan dihadiri oleh seluruh kepala sekolah, pengawas dan guru yang berada pada sekolah model dan sekolah imbas.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dikpora Klu menyampaikan bahwa pelaksanaan SPMI merupakan implementasi dari regulasi yang mengatur tentang hal tersebut yaitu PERMENDIKBUD Nomor 28 Tahun 2016.

Pada Pasal 1 angka (3) dijelaskan bahwa SPMP Dasar dan Menegah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan. Lebih spesifik lagi, dijabarkan tentang SPMI pada angka (4) yang didefinisikan sebagai satu kesatuan unsur yang terdiri dari kebijakan dan proses yang terkait untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan setiap satuan pendidikan dasar dan menegah untuk menjamin terwujudnya pendidikan bermutu yang memenuhi atau mencapai Standar Nasional Pendidikan.

Agar pelaksanaannya menjadi lebih sukses maka dilakukan beberapa kegiatan penting sebagai pendukung implementasi SPMI, mencakup (1) sosialisasi SPMI Kepada Warga Sekolah melibatkan fasda dan tim penjaminan mutu pendidikan sekolah; (2) kepemimpinan kepala sekolah yang kuat; (3) perubahan paradigma warga sekolah dari zona nyaman; (4) komitmen TPMPS dan warga sekolah; (5) berjiwa pembelajar; (6) memahami setiap tahapan SPMI; (7) konsistensi dalam pelaksanaan SPMI & (8) pembinaan yang optimal dari TPMPD.

Dalam Konteks Gerakan Kembali ke Khittah Pendidikan (GKKP), pelaksanaan SPMI mendapat padanan pada beberapa unsur seperti (1) sadar budaya mutu; (2) kolaborasi dan sinergi; (3) berjiwa pembelajar; (4) kerja keras; (5) komunikasi yang efektif dan (6) berjiwa reflektif.

Semoga apa yang dilakukan memberikan manfaat positif pd pembanguanan pendidikan di Lombok Utara secara utuh.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana

  2. Lowongan DAILY WORKER JAKARTA


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  2. 7
    Komentar
  3. 4
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 3
    Komentar

    Pergantian Jaga Prajurit Kraton Pakualaman di Jogja