Pusyantek Kelurahan Ciracas Buat Tabung Ajaib Untuk Kurangi Sampah Organik 

4 0 235
Gambar untuk Pusyantek Kelurahan Ciracas Buat Tabung Ajaib Untuk Kurangi Sampah Organik 
Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) Kelurahan Ciracas berhasil masuk nominasi 10 besar dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia. 

Perlu diketahui, terdapat tiga kategori Lomba TTG yaitu Lomba Kelembagaan Pusyantek Desa Berprestasi, Lomba Teknologi Unggulan dan Lomba Teknologi Tepat Guna. Ketiga kategori tersebut berhasil dicapai Kelurahan Ciracas. 

“Teknologi unggulan Pusyantek Kelurahan Ciracas mempunyai program pembuatan Tabung Ajaib untuk mengurangi sampah organik rumah tangga yang bisa diolah menjadi pupuk organik,” ungkap Bendahara Posyantek Kelurahan Ciracas, Wass Sugiman, saat diwawancarai oleh Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Jumat (3/9/2021). 

Sugi menjelaskan, Tabung Ajaib merupakan produk TTG dalam bentuk mini komposter untuk mengurangi sampah organik rumah tangga di wilayah Kelurahan Ciracas. Tabung ini berukuran tinggi 50 cm, dengan dimensi 4 inci dan cocok digunakan untuk skala rumah tangga dan sekolah-sekolah. 

"Sudah sekitar 200 - 300 unit Tabung Ajaib yang tersebar di wilayah Kelurahan Ciracas dan sekolah-sekolah,” ujarnya. 

Dari ratusan unit Tabung Ajaib yang tersebar itu, terdapat di SDN Ciracas 06 (22 unit), SDN Susukan 08 (8 unit), SMAN 58 (3 unit), PKK Kelurahan Ciracas (8 unit), PAUD Tunas Mulia (2 unit), semua RW Kelurahan Ciracas (150 unit), PKK Tingkat Kota (2 unit), PKK Tingkat Kecamatan (2 unit), RW 13 Cibubur (10 unit). 

“Saya menyampaikan kepada warga untuk peduli akan sampah rumah tangga kita sendiri untuk mengurangi sampah, agar tidak langsung dibuang ke Bantar Gebang tetapi diolah di rumah sendiri yang bisa digunakan menjadi pupuk untuk menyuburkan tanaman pribadi kita, sehingga menjadi hijau dan bermanfaat," jelasnya. 

Ia pun berharap, Tabung Ajaib ini dapat diketahui dan digunakan warga dengan baik. Sebab, Pusyantek menargetkan agar ribuan Tabung Ajaib tersebar di wilayah Kelurahan Ciracas, sehingga dapat membantu mengurangi sampah organik.

Sumber :
Sudin Kominfotik Jakarta Timur
@kominfotikjt
                
#DKIJakarta #JakartaTimur #JagaJakarta

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar