Pusat Industri Bibit Buah Nusantara Ada Di Subang

3 0 978
Gambar untuk Pusat Industri Bibit Buah Nusantara Ada Di Subang
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir hari ini, Selasa (12/12/2017) meresmikan Pusat Industri Bibit Buah Nusantara di Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Subang. Pusat Industri Bibit Buah Nusantara ini dikelola oleh PT Botani Seed Indonesia yang merupakan joint operation antara anak perusahaan PT Bogor Life Science and Technology-Holding Company milik IPB dengan Pusat Kajian Holtikultura Tropika-LPPM IPB.

Mohamad Nasir dalam sambutannya mengungkapkan dengan mampu diproduksinya bibit buah-buah lokal berkualitas oleh Pusat Industri Bibit Buah Nusantara dirinya berharap panen raya buah lokal nusantara bisa dilakukan sepanjang tahun di Indonesia. Namun,  agar banyak negara yang mengimpor buah Indonesia, dirinya meminta adanya standarisasi dan kajian pasar untuk buah nusantara yang dihasilkan.

“Yang sangat penting adalah standaridsasi pada bibit, hasil buah dan mutunya sebab menurutnya kalau tidak punya strandarisasi akan menjadi problem dalam ekspor buah nusantara,” ujarnya.

Selanjutnya Menristek dalam sambutannya mengungkapkan sangat mendukung meningkatnya ekspor buah nusantara ke mancanegara, namun dirinya dengan tegas melarang untuk mengekspor bibitnya.

“Jangan ekspor bibit buahnya, nantinya kita yang riset orang (negara) lain yang menikmatinya. Kalau kita ekspor bibit, bisa jadi nanti 5-10 tahun kedepan kita yang mengimpor buah lokal kita sendiri dari negara lain. Saya sudah melarang ekspor bibit kakao dan kopi Jember ke Vietnam dan Kamboja. Saya suruh hentikan. Ini agar nantinya negara lain terus tergantung kepada Indonesia pada buah (dan komoditas pertanian) nya,” tegasnya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 7
    Komentar
  3. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat

  4. 4
    Komentar

    PMI Tebing Tinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir