Politik orang muda itu kreatif bukan politik lebay

Gambar untuk Politik orang muda itu kreatif bukan politik lebay
Politik orang muda itu kreatif bukan menebar kebencian_ oleh Ketua Komunitas Penulis Kreatif Sulawesi Tengah Heandly Mangkali, SKM

Orang muda harus melek terhadap semua issue sensitif, yah saya sepakat soal itu, apalagi bila berkaitan dengan tahun politik. Maka yang akan berkembang menjadi pembicaraan otomatis semua berkaitan dan selalu dikaitkan dengan tema politik, terutama yang berkaitan dengan pilihan politik.

Perdebatan dalam perbedaan pilihan, bahkan saling kritis adalah sebuah keniscayaan dalam berdemokrasi. Apalagi politik saat ini, banyak menawarkan figur-figur muda yang potensial dan memiliki rekam jejak yang menarik, untuk dijagokan maju dalam konstestasi pilkada.

Orang muda harus memiliki sikap dan konsistensi yang jelas, dalam menentukan pilihannya, terutama menyikapi perbedaan, karna akan memberikan edukasi bagi generasi berikutnya. Tentu keteladanan dibutuhkan dalam menyampaikan berbagai pesan politik, jika ada komunitas yang menyampaikan dukungannya terhadap kandidat A, maka kita harus menggagas ide yang kreatif dalam menawarkan pilihan B, ide yang lahir dari pemikiran atau realita di masyarakat. Bukan kita menebarkan kebencian dan berupaya menolak pilihan orang yang berbeda dari kita.

Beberapa orang dari komunitas pengangguran dan beberapa model fotografy di kota palu, seperti vivian misalkan. Dia orang yang tidak begitu paham politik, tapi dia mengkritisi kandidat dengan mengajak kawan-kawannya dan menginisiasi gerakan "cabut paku pohon" yang memasang reklame dibeberapa ruas jalan di kota palu. Dan mereka menitip sebuah pemikiran, bahwa walikota yang didukung adalah yang mencintai pohon dikota palu.

Saya pikir cara cara mengedukasi politik bagi generasi selanjutnya, harus dibentuk dari upaya upaya kreatif yang dilakukan hari ini. Apalagi saat ini media sosial dapat menembus semua titik dan cepat diakses oleh warga, maka penyampaian pesan secara kolektif pada ruang publik, akan semakin mudah di akses.

Semoga orang muda yang disebut generasi politik masa depan, lebih menyajikan pemikiran yang kreatif dalam menyampaikan pesan politisnya. Orang muda harus ikut mendukung kebebasan berpendapat, dengan prestasi yang kreatif. Melawan penebaran kebencian, informasi hoax yang jelas dominan bertujuan memberikan rasa kebencian terhadap orang lain.
Selamat pagi orang muda yang hebat...

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar