PMI Kota Sukabumi Sosialisasikan Program Kesiapsiagaaan gempa bumi

2 0 203
Gambar untuk PMI Kota Sukabumi Sosialisasikan Program Kesiapsiagaaan gempa bumi
Sukabumi- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menjadi menjadi proyek percontohan untuk pelaksanaan program kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam merespon potensi bencana gempa bumi.

Program yang dinamai Indonesia Earthquake Readiness ini akan memulai program selama satu tahun di kota sukabumi jawa barat ini. Selain itu lokasi lainnya yang menjadi percontohan program ini adalah kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

“Program ini adalah sebuah amanat dan kepercayaan dari PMI Pusat dan lembaga donor untuk kita jalankan sebaik baiknya di PMI kota sukabumi untuk kesuksesan dan keberlanjutan kedepannya,” ungkap Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo dalam sambutanya disela acara sosialisasi internal program kesiapsiagaan gempa bumi di gedung Markas PMI Kota Sukabumi, Kamis (29/8).

Menurutnya, harapannya melalui program ini masyarakat di kota sukabumi khususnya sadar betul akan pengetahuan dan pemahaman akan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di wilayahnya.

“Karena pada dasarnya Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di komunitas perkotaan dengan meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan individu serta pemberdayaan masyarakat, minimal di lingkungan keluarganya masing masing tahu dan waspada bahwa kita berada di wilayah rawan dampak gempa bumi,” tambah Suranto

Sementara itu, Kepala Markas Kota Sukabumi, Asep Priatna menambahkan, Program kesiapsiagaan gempa bumi ini
mendapat dukungan dari USAID melalui Palang Merah Amerika.

“Untuk rencana lokasi intervensi programnya kita nanti akan difokuskan di satu kelurahan tepatnya di wilayah baros sebagai lokasi yang akan dijadikan binaan dari program ini,” terang asep.


Dijelaskannya, tujuan program kegiatan ini, selain meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan individu serta pemberdayaan masyarakat di wilayah lokasi binaan, target lain pencapaian dari program ini adalah bagaimana mendorong serta memperkuat kapasitas PMI dengan memperluas kemitraan publik dan swasta serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam upaya tanggap terhadap potensi bencana gempa bumi.

“Tujuan Paling penting lainnya adalah bagaimana mendorong pemangku kebijakan yaitu pemerintah Kota dan mitra lainnya untuk mensinergikan program dan kebijakan yang terkait dengan kesiapsiaagaan gempa bumi di wilayah kota sukabumi,” kata Asep.

Dalam acara sosialisasi program di internal PMI ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan alur program kepada semua pihak di internal PMI baik jajaran pengurus, staf Markas dan UTD, serta sejumlah perwakilan Relawan di lingkungan PMI Kota Sukabumi

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar