Petualangan Menembus Banjir Kampung Babakan Kalibedah

9 10 836
Gambar untuk Petualangan Menembus Banjir Kampung Babakan Kalibedah
" Bang, gw otewe ..."

Dan digrup relawan-relawan Fortara seseabang ntu nyaut, " Siaapp Mak..!"

Mungkin cuman gw relawan yang udah bawa bantuan tapi belom tau mau di tarok dimana. Setelah siangnya gw sekedar setor muka en setor 50 kotak nasi di posko DPC PKS Setu. Siang tim gw pada masak. Jadi 125 kotak nasi, 6 dus air mineral, baju anak-anak yang masih baru, 6 mukena layak ibadah, 4 bal diapers hasil perburuan gw hari ini gw angkut pake mobil rentalan.

Usai 3 jam perjalanan.

" Serius kudu pake ini, Bang ?" Sambil mata gw nanar liat perahu eretan ditepi jalan raya. Gw lupa gak bawa kacamata silinder gw.

" Akses darat satu-satunya banjir parah Mak. Di tutup. Yaa mau gak mau pake perahu. " Kata temen relawan gw sambil cecengiran kek biasa.

" Kp. Babakan kali bedah itu kampung yang di apit dua kali besar Mak. Kali Bekasi ama Kali CBL. Ceritanya mah tuh kampung jadi tempat bertemunya luapan aer kalo dua kali itu banjir. " Masih sambil cecengiran.

Gw yang nga-nga. Kayak apa bentuknya tuh kampung ? Dan thanks God gw gak liat suasana kali karena gelap. Kalo liat, gw gak bakal sok berani mau ikutan nyebrang. Nyatanya, perahu eretan yang bisa angkut orang plus 8-10 motor menolak keras buat nyebrangin gw en kru. Gak berani. Aslinya, tim SAR dan BPBD emang melarang keras warga sipil dan relawan untuk melakukan penyebrangan sendiri tanpa pengawasan mereka, apalagi malam hari. Emang dasar aja tuh abang- abang fortara pada nekad. Dengan perahu kecil, bahkan tanpa pelampung sama sekali, gw en kru di angkut nyebrang sungai berarus deras dan dalam dengan bismillah.

Sampe di seberang lebih emejing lagi. Banjirnya masih dalem. Banyak rumah yang tenggelam, paling banyak yaa setengah rumah. Yaa bayangin aja, kampung ini jadi tempat ketemuan luapan air dari dua kali besar Kabupaten Bekasi yang janjian jalan bareng menuju lautan. Kan emang begitu kejadiannya, kalo ada dua orang bahagia, pasti ada yang kebanjiran....aer mata. Eaaa. Laen yang pernah jadi mantan. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

" Alhamdulillah....ketemu nasi juga. Udah dua hari nih, bu, makan indomi mentah."

Ya Allah. Nyesell kenapa bawanya sedikit. Mereka langsung nge-riung. Sebagian besar emang yang lagi ngungsi di tempat yang lebih tinggi yaa di tempat ini, persis di sisi Kali Bekasi. Yang kelelep itu bagian sisi Kali CBL. Sebagian besar masih gelap gulita. Perahu di area ini terparkir di sisi jalan desa, ngalah-ngalahin Venesia keknya.

Enaknya punya dipandu relawan lokal yaa kayak gini, mereka hafal medan, hafal orang. Tapi mereka gak hafal kalo mereka lagi bawa emak-emak ngerelawan umur 45, gamisan, jalan ngelawan arus kali yang menggenang, makanya gw sering di tinggal keteteran. Belom lagi banyak benda-benda asing yang bertabrakan di kaki. Ogah gw nebak-nebak itu apaan. Mikirin cerita temen-temen di grup yang bilang kalo dimari banyak ular besar berkeliaran aja gw males pisan. Daa tuh kan gw sebut juga. #bletakk

Pulang tunggu-tungguan. Nunggu relawan yang ngambil HT- lah, nyari sendal-lah. Apa bae. Dan ada yang aneh yang tetiba ngelenyab gw, gw sama sekali gak inget dimana tadi gw lewat. Itu juga kelebihan ditemenin relawan lokal. Ternyata gw lewat celah sempit menuju tepi sungai. Jalanannya licin berlumpur, sampe si abang gelarin bekas dus -dus aer mineral sebagai karpet merah biar gw bisa jalan. Jiaahhhh.

Naek perahu satu-satu. Atur posisi, pamitan, nyalain mesin, dadah-dadaahh daan.....prakkk. Belom sempet perahu bergerak, sang pilot teriak takbiran. Sontak gw nengok kebelakang. Kamera hape udah on live streaming. Dua gundukan sampah yang tingginya lebih dari satu meter lewat di tengah. Yaa Rabbana....menyusul beberapa gundukan lagi di belakangnya. Allahu Akbar. Penduduk sekitar kali rame-rame datang. Seketika ikut juga takbiran, persis kayak malem lebaran. Di barengi dengan bunyi ngeri-ngeri sedap...kkkrkk..krrkk ...gundukan itu sempat mencerabut pohon-pohon di pinggir sungai. Bahkan belakangan kami di kasih tau kalo gundukan itu udah memutus tambang besar yang jadi alat bantu penyeberangan kapal eretan. Gak kebayang tadi kalau perahu kami sempat melaju, kayaknya gw bakal jadi berita pagi media online yang memilukan. Hiks. Alhamdulillah yaa Rabb, kami selamat.

Sampe seberang, masih ada yang lebih mendebarkan. Pas gw liat foto jempretan Bang Tria, gw deg-degan. Kok berasa ada yang janggal. Bukan karena burem soalnya di jepret pake kamera hape malam-malam. Gw kayak liat penampakan yang beda. Dan bener aja, pas gw zoom-in....eeng iing..eengg....

Gw konfirmasi ke orangnya. Si abang cuman bilang,

" Lupa kalo ini malam Jumat. Itu mah, wajar ajah..."

Gubrakkk.

....

#ceritaMaks
#CeritaBanjirKu2020
#SukawangiBekasi
#SukamekarSukawangi

  10 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 4
    Komentar

    PMI Tebing Tinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir

  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak