Petani Malangke Barat, Apresiasi Program READSI Kementan Karena Meningkatkan Kesejahteraan Petani

2 0 13
Gambar untuk Petani Malangke Barat, Apresiasi Program READSI Kementan Karena Meningkatkan Kesejahteraan Petani
LUWU UTARA --- Ketua Kelompok Karya Melati Desa Pembuniang Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan, Ebit, apresiasi Kementrian Pertanian Republik Indonesia melalui program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI) karena membagikan bibit jagung, pupuk dan soprodi lainnya secara gratis, Selasa, (9/2/2021).

Kata Ebit, Program ini sangat membantu petani, bukan hanya mendapatkan benih unggul, pupuk gratis dan soprodi lainnya. Akan tetapi kami di bina dalam peningkatan kapasitas petani dalam budidaya dan membangun kemitraan petani.

"Sebelum masuk Program Readsi, kami masih menggunakan pola konvensional, tapi sekarang kami dibina melalui sekolah lapang (SL) cara budidayakan jagung dengan penerapan teknologi jajar legowo, "imbuhnya.

Selain itu, Kata Ebit, Sebelumnya kami masuk dalam program READSI, kami petani kecil sangat tergantung kepada tengkulak atau pengepul jagung didaerah.

"Semua kebutuhan budidaya jagung kami pinjam dari pengepul atau tengkulak karena tak punya modal. Begitu panen, dia beli dengan mendapatkan potongan harga 50 rupiah perkilogram dan ada persen pinjaman bibit, pupuk dan lainnya dari pemilik modal, "tutur Ebit.

Lanjut Ebit, ia sangat bersyukur dengan adanya program READSI KEMENTAN karena kami petani tidak lagi tergantung dari tengkulak. Ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani, "

"Alhamdulillah bantuan soprodi kami dapatkan sudah kami tanam, dan tak lama lagi panen, tapi sebagian anggota baru menanam disebabkan kondisi lokasi nya merupakan lahan rawan banjir, sehingga sempat molor jadwal tanam nya, "tutupnya.

Untuk diketahui bahwa Desa Pembuniang Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara, terdapat tujuh poktan yang mendapatkan bantuan gratis dari Kementan melalui program READSI pada tahun 2020 yaitu Poktan Karya Melati dan Tani Makmur komiditi Jagung, Poktan Jaya Baru, Hidayah dan Bunga Desa komiditi kakao, Kwt. Mawar komiditi sayur dengan pemanfaatan pekarangan, serta poktan To Kamase Mase komoditi jeruk. (#)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 8
    Komentar

    BEMETENG Punya Acara Hari Ini

  3. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  4. 3
    Komentar

    Driver Delivery