Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Tingkatkan Kualitas Keluarga

1 0 27
Gambar untuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Tingkatkan Kualitas Keluarga
Keluarga dan lingkungan masyarakat memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya anak mendapat perlindungan negara dari tindak segala kekerasan. Hal ini guna menjamin terlaksananya prinsip non diskriminasi dan kepentingan terbaik bagi anak.
Demikian disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogya Sisruwadi saat membuka kegiatan Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogya (2/3). Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) selama dua hari secara virtual.
" Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu menjadikan masyarakat Kota Yogya menjadi pribadi-pribadi yang unggul dan memiliki inteligensia dan kecerdasan serta berkepribadian berakhlak mulia,"ungkapnya.
Menurutnya kegiatan pelatihan PATBM ini ke depannya akan  menjadi peran penting dalam memberikan perlindungan kepada anak agar anak dapat berkembang, belajar, bermain, serta bersosialisasi di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
“ Masih adanya kasus kekerasan di sekitar kita ini sangat disayangkan. Kasus ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama saling berupaya mengimplementasikan perlindungan anak di Kota Yogya,” jelas Sisruwadi.
Diharapkan pula dengan terselenggaranya pelatihan ini mampu menurunkan tingkat kekerasan dan menaikkan kualitas keluarga bagi masyarakat Kota Yogya.
Sementara itu Kepala DP3AP2KB Kota Yogya, Edi Muhammad mengatakan angka kekerasan anak di Kota Yogya di tahun 2019 mencapai 101 anak dengan kategori penelantaran, pelecehan, roda paksa, dan pencabulan. Untuk tahun 2020 menurun drastis mencapai 39 anak yang mengalami kekerasan antara keluarga dan orang lain dilingkungannya.
 
“ Dari data tersebut, kami berharap dengan adanya pelatihan ini perlindungan anak menjadi fokus kita bersama untuk tetap solid dalam memberikan pencegahan dan respon cepat jika terjadi kekerasan di masyarakat,” katanya.
PATBM diharapkan dapat menjadi mitra Pemerintah Kota Yogya dalam memberikan perlindungan dan hak-hak mendasar kepada anak. Perlindungan ini menjadi perhatian bersama dimulai dari keluarga, masyarakat, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk lembaga dan institusi perlindungan anak. (Hes)
sumber :
Jogja Smart Service

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 8
    Komentar

    BEMETENG Punya Acara Hari Ini

  3. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  4. 3
    Komentar

    Driver Delivery