Peringati HKB Sibat Mojopanggung beri Edukasi Simulasi Penyelamatan diri dari Gempa bumi

5 0 131
Gambar untuk Peringati HKB Sibat Mojopanggung beri Edukasi Simulasi Penyelamatan diri dari Gempa bumi
Senin sore 26 April 2021 di Pasar takjil Ramadhan, Lingkungan Cungking Kelurahan Mojopanggug terlihat ada yang tak biasa. Disisi jalan Pasukan merah terdengar menyebut linduuuu, gempaaa, teriakannya di iringi suara blek khonguan berisik menarik perhatian warga dan pengunjung pasar lalu sekumpulan bapak bapak, ibu ibu, anak anak bahkan lansia yang bergabung, mereka merunduk dan melindungi kepala.

"Iya maaf agak berisik karena kami Sibat Mojopanggung sedang memperingati HKB Hari kesiapsiagaan Bencana dengan menggelar Edukasi dan Simulasi penyelamatan mandiri bencana Gempa bumi, ini bertujuan membentuk keluarga aman tangguh bencana gempa bumi atau KUAT agar bisa mengurangi resiko dampak yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi," tukas Nings Sibat selaku panitia.

Rupanya warga dewasa, lansia bahkan anak anak2 begitu antusias ingin tau. Terlihat mereka mengantri mencuci tangan mendekati pos kesiapsiagaan Sibat yang dipandu Sibat Indri.

"Siiibat Mooojopanggung" celoteh seorang anak mengeja tulisan berlatar merah, dia salah satu peserta kegiatan, seolah ingin tau. Apa itu Sibat? "Sibat Mojopanggung itu warga Mojopanggung yang di bina PMI Banyuwangi menjadi relawan, jelas Sibat Emy dalam perkenalan. Sibat adalah Siaga Bencana berbasis Masyarakat, yang diedukasi dan diberikan pelatihan oleh PMI agar mempunyai kemampuan kesiapsiagaan gempa bumi yang bisa ditransfer pada masyarakat, tambahnya."

Lalu Setiap pengunjung yang datang di arahkan ke meja literasi. 2 Sibat bertugas mengedukasi, disana ada banyak pengetahuan dalam brosur baik yang diterbitkan sibat sendiri maupun PMI. Sekilas aku baca Ada tips dan langkah aman gempa dengan mengenali dan mengidentifikasi sekeliling kita, dimana tempat beresiko dan mana jalur evakuasi yang aman saat gempa. Lalu petugas mengenalkan 4B berlutut berlindung berpegangan dan berdoa saat terjadi gempa. "Sesudah gempa, jangan lupa lakukan pengecekan anggota keluarga dan rumah, hubungi Sibat Mojopanggung untuk tau ilmu retrofitting yaitu upaya penguatan rumah aman gempa yang dibuat PMI Banyuwangi dan Palang Merah Amerika yang didanai USAID, Bapak ibu bisa melihat contoh rumah aman gempa di rumah bu RT titin, "jelas Danang kordinator Sibat sambil menunjuk rumah bu RT.

Barulah Kemudian setelah mendapat teori pengunjung posco diajak simulasi mempraktekan apa yang harus dilakukan saat gempa terjadi dengan keseruannya.
Terlihat Lurah dan Babinkamtibmas turut berpartisipasi. " Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena simulasi atau praktek akan sangat memberikan pemahaman lebih mudah bagi warga, apalagi kegiatannya dimulai dari lingkup yang kecil yaitu lingkungan Cungking, harapannya semoga bisa berkesinambungan ke lingkungan lainnya," ujar Tri Kusumajaya Lurah Mojopanggung.

#HKB2021 #SiapUntukSelamat
#SemuaSiapSemuaSelamat
#pmisiapbantu

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar