Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah Tanggal 12 Desember - 14 Desember 2020

1 0 437
Gambar untuk Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah Tanggal 12 Desember - 14 Desember 2020
Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah
Tanggal 12 Desember - 14 Desember 2020

Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih adanya shear line (belokan angin) di wilayah Jawa Tengah, selain itu beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah. 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode 3 (tiga) hari ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah antara lain :

Tanggal 12 Desember 2020
Brebes, Kab. Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Magelang, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Surakarta, dan sekitarnya.

Tanggal 13 Desember 2020
Brebes, Cilacap, Kab. Tegal, Pemalang, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab/Kota Semarang, Salatiga, dan sekitarnya.

Tanggal 14 Desember 2020
Brebes, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab/Kota Semarang,Sragen, Grobogan, Blora, Pati, Rembang, dan sekitarnya.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Ahmad Yani Semarang membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

- follow twitter @cuacajateng;
- IG : @cuaca_jateng
- Facebook: Stasiun meteorologi ahmad yani semarang
- aplikasi iOS dan android "Info BMKG";

Diperbarui: 11 Desember 2020 Pukul 10.35 WIB

Achadi Subarkah Raharjo
Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang
https://www.bmkg.go.id/

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar