Perencanaan Isu Tematik, INSUN Madani dan PDA Sumedang Lakukan Koordinasi Ke Mitra Strategis Program

5 2 209
Gambar untuk Perencanaan Isu Tematik, INSUN Madani dan PDA Sumedang Lakukan Koordinasi Ke Mitra Strategis Program
INSUN Madani bersama Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Sumedang bertemu dengan Bappppeda, DPMD, Kesbangpol, dan Dinas Sosial dalam rangka mengkoordinasikan kegiatan aksi isu tematik Madani yaitu mengenai partisipasi perempuan dalam transparansi dana desa. Kunjungan INSUN Madani dan PDA Sumedang dilaksanakan bergiliran ke setiap instansi selama tiga hari, yaitu pada tanggal 21-23 Juli 2021.
Dalam setiap pertemuan dengan berbagai lembaga tersebut, INSUN Madani mempresentasikan rencana aksi isu tematik dan melakukan diskusi bersama para stakeholder untuk penajaman akar masalah program mengenai peran perempuan dalam mengawal transparansi dana desa khususnya pada isu stunting. Program ini pun menyelaraskan komitmen daerah untuk mewujudkan pengelolaan dana desa yang akuntabel, transparan, dan partisipatif.
Kepala Sub Bagian Program Bappppeda Sumedang, Gatot Handoko sangat mengapresiasi program aksi isu tematik Madani ini, terlebih dengan adanya Learning Forum, yaitu INSUN Madani yang mewadahi banyak organisasi masyarakat dari berbagai latar belakang organisasi. “Program ini sangat didukung oleh kami. Silahkan dilaksanakan dengan baik, jika nanti perlu mengadakan meeting boleh dilaksanakan di Bappppeda. Kita bisa hybrid meeting-lah, bisa dilaksanakan di Bappppeda langsung, juga dilaksanakan melalui online dengan menggunakan fasilitas media center di Bappppeda,” kata beliau sebagai bentuk dukungan kepada program.
“Dengan adanya program ini perempuan di desa jadi lebih berdaya, bisa menggali potensi dirinya, dan berani menyuarakan pendapat, terutama pada forum pengambilan kebijakan seperti saat musrenbang,“ harap Mety Supriyati, Kasubid Sosial Kesehatan Tenaga Kerja dan Kependudukan Bappppeda Sumedang. Beliau juga berharap peran KPM di desa dapat dioptimalkan dalam mengatasi stunting.
Menurut Kabid Keuangan dan Aset Desa, Eneng Yulia, penerapan undang-undang desa tentang pengalokasikan dana desa memberikan peluang kepada perempuan dalam perencanaan program pembangunan. Terintegrasi juga dengan ‘Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional’. Tapi pada implementasinya tergantung daerah masing-masing dan di Sumedang pun belum optimal. Sehingga harapannya dengan program Madani ini lebih terimplementasikan.
Selain partisipasi perempuan, Dewi Juwita selaku Kabid PPA Dinas Sosial memberikan masukan saat pertemuan, agar forum anak pun ikut menjadi perhatian dalam pelaksanaan program. “Isu yang diangkat salah satunya adalah stunting, yang mengalami adalah anak-anak. Karena dalam undang-undang perlindungan anak pun ada hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Jadi diharapkan ke depannya dalam kegiatan pengambilan kebijakan di level desa melibatkan forum anak yang nantinya akan menjadi objek program. Kabupaten Sumedang juga memiliki peraturan daerah tentang Kabupaten Layak Anak,” menurut Dewi.
Hasil dari pertemuan-pertemuan ini, INSUN Madani dan stakeholder menyepakati desain modeling terkait strategi advokasi partisipasi perempuan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan proses pembangunan di desa melalui transparansi dana desa khususnya pada isu stunting. Kemudian didiskusikan juga mengenai 2 desa yang rencananya akan menjadi desa piloting dalam melaksanakan program isu tematik, serta proses advokasi yang akan dilaksanakan. Replikasi pelaksanaan modelingnya akan dibicarakan setelah lokakarya bersama pemerintah daerah Kabupaten Sumedang pada pertemuan selanjutnya.

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Gatot
Tamu
Kegiatan yang sangat bagus khususnya pemberdayaan peran perempuan dalam masalah stunting
Ahmad S
Tamu
Sinergi CSO dan Pemda menjadi bagian penting dlm kerja-kerja di masyarakat..👍
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 41
    Komentar
  2. 27
    Komentar
  3. 23
    Komentar
  4. 5
    Komentar