Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Purut, Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon

Gambar untuk Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Purut, Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon
Terkadang banyak orang yang masih bingung dan belum bisa untuk membedakan antara jeruk limau, jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk lemon ๐Ÿ‹ Karena semuanya memiliki rasa asam dan manfaat yang hampir sama, untuk membedakannya, mari kita simak penjelasan ke empat jenis jeruk tersebut di bawah ini :

โ€ข Jeruk Limau

Jeruk limau atau biasa disebut jeruk limo dan dikenal dengan sebutan "jeruk sambal" memiliki ukuran buah yang lebih kecil dari pada jeruk nipis maupun jeruk lemon ๐Ÿ‹.

Jeruk limau mempunyai kulit berwarna hijau tua, bulir jeruk limau cukup kecil dan berwarna hijau muda, dalam setiap bulirnya, terdapat biji yang lumayan banyak.

Tekstur kulit buahnya tidak mulus, tetapi cenderung agak kasar, jika dibandingkan dengan jeruk nipis, rasa asam jeruk limau lebih kuat.

Meski begitu sangat menyegarkan saat dicampur dengan ulekan sambal, selain itu, jeruk limau juga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan sampai herbal yang bisa membantu mencerahkan kulit.

โ€ข Jeruk Purut

Jika diperhatikan, jeruk purut memiliki warna hijau yang lebih tua, dari segi ukuran, jeruk purut dan jeruk nipis besarnya kurang lebih sama.

Nah kalau dilihat teksturnya, jeruk purut purut memiliki kulit keriput dan terasa paling kasar, ketika dibelah, jeruk purut punya bulir berwarna hijau cerah dan cenderung bening, hampir sama dengan jeruk limau.

Jika diperas, jeruk purut menghasilkan air lebih banyak daripada jeruk limau, kandungan air di dalam jeruk purut hampir sama dengan jeruk lemon ๐Ÿ‹ dan jeruk nipis.

Jeruk untuk masak memang identik dengan rasa asam, jeruk purut dan jeruk nipis biasanya dipakai untuk menghilangkan bau amis ikan atau jeroan tanpa mengubah citarasa dagingnya.
Selain itu, air perasan kedua jeruk ini juga bisa dicampurkan pada kuah soto agar lebih segar.

โ€ข Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasanya sangat mudah kita temukan sebagai pendamping hidangan soto, jeruk ini sering dijadikan pendamping soto agar rasa soto lebih segar saat disantap.

Jeruk nipis ini memiliki kulit berwarna hijau, namun ada juga jeruk nipis yang berwarna hijau kekuningan dengan tekstur yang halus tetapi jumlahnya jarang.
Bulir jeruk nipis berwarna kuning kehijauan dan memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Jeruk nipis memiliki ciri berbentuk bulat dan memiliki rasa yang asam dominan, sedikit pahit dan mengandung sensasi dingin.
Jeruk ini sering digunakan untuk penyedap masakan, obat-obatan tradisional hingga bermanfaat untuk membuat tekstur olahan daging menjadi lebih empuk.

โ€ข Jeruk Lemon ๐Ÿ‹

Jika dibandingkan dengan jeruk nipis, jeruk purut, dan jeruk limau, popularitas jeruk lemon ๐Ÿ‹ tidak kalah saing. Karena jeruk lemon ๐Ÿ‹ ini sering digunakan sebagai minuman karena perpaduan rasanya yang asam, sedikit manis dan menyegarkan.

Kulit jeruk lemon ๐Ÿ‹ berwarna kuning cerah dengan tekstur kulit yang lembut.
Tetapi untuk jeruk lemon ๐Ÿ‹ lokal, warna kulit hijau dan apabila sudah matang berwarna hijau kekuningan.

Bentuk buah jeruk lemon ๐Ÿ‹ lonjong dan bagian ujungnya meruncing, bulirnya berwarna kuning muda dan mengandung air yang cukup banyak.

Selain sebagai minuman, pemanfaatan buah jeruk ๐Ÿ‹ juga banyak ditemukan sebagai campuran salad, daging ayam, kue hingga hiasan (dressing) untuk mempercantik sebuah sajian.

Demikian perbedaan antar jeruk limo, jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk lemon ๐Ÿ‹. Jadi jangan sampai bingung atau bahkan salah pilih lagi yaaaa ๐Ÿ˜



Sumber :

https://rumahtanaman.com

Bila Sobat ingin menikmati segarnya juice jeruk lemon ๐Ÿ‹ dengan khasiat serta manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, karena berasal dari 100% perasan buah jeruk lemon ๐Ÿ‹ organik, murni, tanpa bahan tambahan ataupun bahan pengawet.....
Tanpa perlu repot-repot memeras buah jeruknya.

Sobat dapat mencoba produk "LEMMO FRESH" hasil budidaya petani lokal, 100 % produk Indonesia yang terjamin higienis, halal, teruji khasiat dan mutunya.

Untuk informasi detail ataupun pemesanan Lemmo Fresh, klik Fans Page resmi :

https://fb.com/LemonPerasMurni ๐Ÿ‹

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar