Penumpang Bus Listrik Rute Blok M-Balai Kota Tidak Dikenakan Biaya

1 0 152
Gambar untuk Penumpang Bus Listrik Rute Blok M-Balai Kota Tidak Dikenakan Biaya
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba bus listrik di rute Blok M-Balai Kota (EV1). Selama masa uji coba hingga tiga bulan mendatang, penumpang bus jenis low deck tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis.

Peluncuran uji coba bus listrik Higer besutan PT Higer Maju Indonesia (HMI) tersebut dilakukan di Kantor PT Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (10/9).

Pengoperasian Bus listrik ini sebagai bentuk dukungan untuk program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan yang diterbitkan pada 8 Agustus 2019.

Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, uji coba ini sebagai tindaklanjut dari penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara PT Transjakarta bersama PT HMI yang telah dilaksanakan pada 1 September 2021.

"Semua armada konvensional Transjakarta secara bertahap akan beralih menggunakan armada listrik. Berbagai layanan uji coba kendaraan listrik sudah kami mulai sejak tahun lalu," ungkapnya.

Menurutnya, uji coba ini diharapkan bisa menjadi langkah kecil untuk lompatan besar di sektor transportasi massal di masa depan, seperti emisi rendah atau bahkan nol.

Hal ini tentunya dapat mengurangi polusi udara, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM dan pada akhirnya bisa menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dan baterai.

Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar