Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Remaja

3 3 261
Gambar untuk Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Remaja
Sekelompok remaja yang tergabung dalam PIK.R ( Pusat Informasi Konseling Remaja, lingkungan Mojoroto , Hari ini , Rabu 30 Oktober 2019 menghadiri acara pertemuan remaja di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Giri. Kegiatan Konseling untuk Remaja sore tadi, dihadiri 22 peserta Remaja.

Di awali sambutan dari koordinator PLKB kecamatan Giri , Dra. Sri Widiyastuti" yang menyampaikan penjelasan tentang Program Genre, yang bertujuan membantu remaja dalam merencanakan kehidupannya sampai perencanaan dalam hidup berkeluarga. Selain itu Genre membantu remaja dalam melalui masa transisi. Beliau menjelaskan arti yang tertuang dalam Salam Genre yaitu, katakan tidak pada 3 resiko kenakalan remaja , 1.katakan tidak pada nikah dini, 2. katakan tidak pada seks pra nikah, 3.katakan tidak pada Napza Narkotika psikotropika dan Zat adiktif lainnya.

Penyampaian materi juga mengundang narasumber ketua Insan Genre ( Ikatan Satuan Generasi Berencana) Ahmad Riski Maulana. Sedikit penasaran ketika Sesaat kemudian Sebagian remaja ada yang menunduk, tertelungkup, bahkan sampai menangis. Kata Reno Baltasyar, " Hampir smua nangis pas disuruh merem dan ditanya ingatlah dan fikirkan apa masalah keluarga kalian alami saat ini dari yang terkecil sampai yang terbesar". "Jika kalian ingin membahagiakan orang tua kalian, dan nanti kalian ingin datang dengan kesuksesan kenapa tidak dilakukan dari sekarang ?" Terang Risky menambahkan menyentuh kalbu para remaja. Ini seperti pembinaan mental , Mas risky berhasil menghipnotis remaja menuju suatu pemikiran dan problem yang slama ini mereka alami.

Rangkaian pembelajaran diuraikan sampai ilmu hukum panen pun tersampaikan. Terlihat slidenya saya baca sebagai berikut.

HUKUM PANEN

Tanamkan pikiran kau akan menuai tindakan.
Tanamkan tindakan kau akan memuai kebiasaan.
Tanamkan kebiasaan kau akan menuai karakter.
Tanamkan karakter kau akan menemui nasib.

Semua adalah upaya membentuk karakter remaja yang berencana sehat cerdas ceria. Harapannya dengan bimbingan dan pendidikn karakter ini, remaja bisa menjadi konseling sebaya dalam membentuk generasi berencana. Bisa Saling menjaga bisa saling menegur dan mengingatkan, dalam pengendalian diri di kehidupan mereka. Bisa saling menginspirasi akan hal hal dan kegiatan positip di kehidupan mereka sehari hari. Demi remaja Banyuwangi yang membentuk generasi berencana, menuju bangsa yang unggul SDM nya.

  3 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana

  2. Lowongan DAILY WORKER JAKARTA


Komentar Terbanyak

  1. 14
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 7
    Komentar
  4. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI