PENERAPAN SAKIP DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TOLITOLI TERUS DIGENJOT

2 0 205
Gambar untuk PENERAPAN SAKIP DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TOLITOLI TERUS DIGENJOT
Untuk menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), khususnya di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si bersama Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Moh. Nur Munawar, memimpin rapat pembahasan penerapan SAKIP dengan seluruh Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli pada selasa pagi (27/8) di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli. SAKIP dimaksud merupakan strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi tentang penerapan sistem akuntabilitas kerja guna mendukung terjadinya reformasi birokrasi yang dilaksanakan sebagai wujud nyata untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja aparatur.

Dalam rapat tersebut, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si menyampaikan bahwa SAKIP disesuaikan dengan visi dan misi yang telah direncanakan, sehingga diperlukan adanya pemahaman mendalam di setiap unit kerja di Lingkungan Sekretariat Daerah untuk penerapannya yang sudah barang tentu harus sesuai dengan peraturan perundangan. Sistem penyelenggaraan pemerintah daerah selama ini, kata Ir. Hardiyan lebih banyak fokus dalam pelaksanaan suatu program atau kegiatan tetapi belum sepenuhnya memperhatikan hasil yang dicapai.

Oleh karena itu, diharapkan dengan mengimplementasikan SAKIP, setiap unit kerja di Sekretariat Daerah harus dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, mewujudkan efektifitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran serta mencegah penyimpangan dan pemborosan penggunaan anggaran.

Sementara itu, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Moh. Nur Munawar mengatakan untuk penerapan SAKIP ada sejumlah unsur penilaian di antaranya adalah perencanaan kinerja berdasarkan rencana strategis (Renstra). Ir. Moh. Nur Munawar mengatakan, nilai SAKIP Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli saat ini berada pada predikat CC, sehingga diperlukan komitmen dari setiap perangkat daerah khususnya para pengelola SAKIP di Sekretariat Daerah ini agar dapat meningkatkan predikat tersebut. “Pelaksanaan SAKIP bukan hanya sebatas berkas tetapi bagaimana mengimplementasikannya di lapangan kata” Ir. Moh. Nur Munawar.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  4. 4
    Komentar