Pemkot Palu harus tindak warga yang buang sampah sembarangan

2 1 731
Gambar untuk Pemkot Palu harus tindak warga yang buang sampah sembarangan
Komunitas Penulis Kreatif Sulawesi Tengah berbagi cerita, kali ini soal buang sampah bukan pada tempatnya menyebabkan air meluap ke jalan saat hujan.

Cerita malam ini, di kota palu pertigaan jalan towua II dengan jalan zebra raya. Pemerintah Kota Palu sudah menempatkan semacam bak penampung sampah, yang praktis bisa digunakan, disamping salah satu penjual sayuran dan makanan yang tepat berhadapan dengan jalan towua II.

Hujan lebat malam ini mengguyur kota palu hanya hitungan beberapa menit, setelah hujan reda maka tumpukan sampah terhambur dijalan. Drainase yang ada tidak berfungsi, karna tumpukan sampah yang sudah menggulung, air pun meluap kejalan raya. Sekitaran towua II dan jalan zebra, adalah lokasi dimana sejumlah pedagang berjualan, selain sampah dari pedagang, warga sekitar juga yang memanfaatkan bak sampah ini.

Kesadaran masyarakat sekitar sangat rendah dan terkesan suka suka mereka buang sampah, bukan membuang tepat di bak sampah, tetapi disamping bak sampah. Bahkan asal buang sampah ini dilakukan, walaupun kondisi bak sampah lagi kosong, setelah diangkut truk kuning pengangkut sampah pemkot. Hal ini terus menerus menjadi "penyakit" saat musim hujan datang.

Salah satu solusi bagi kami warga sekitar, pemkot harus melibatkan salah satu warga sekitar yang berdomisili didekat bak sampah, sebagai pengawas sampah. Memberikan tugas, terutama kewenangan kepada pengawas sampah, untuk menindak tegas kegiatan buang sampah sembarangan. Jika tidak dilakukan langkah strategis, maka kota palu saat hujan datang, akan mengalami berbagai masalah seputaran lingkungan, akses jalan, dan gangguan kesehatan akibat kebiasaan tersebut.

Penulis: Heandly Mangkali

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar