PEMBENTUKAN KADER PENDAMPING SIAGA KIBBLA DESA CIPINANG DAN CIKALONG KECAMATAN CIMAUNG

2 0 60
Gambar untuk PEMBENTUKAN KADER PENDAMPING SIAGA KIBBLA DESA CIPINANG DAN CIKALONG KECAMATAN CIMAUNG
Pada tanggal 4 November 2021 Yayasan SAPA mengadakan acara Pembentukan Kader Pendamping Desa Siaga KIBBLA di wilayah piloting project Desa Cipinang dan Cikalong. Acara tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Dapur Ma Emeh Kecamatan Cimaung. Pembentukan Kader Desa Siaga KIBBLA ini sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan kolaborasi antara Yayasan SAPA dengan Madani dalam upaya meningkatkan Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Balita di Desa Cipinang dan Cikalong.
Pembentukan Kader ini dihadiri oleh kader pendamping Desa Cipinang dan Cikalong, serta perwakilan dari Learning Forum Simpul Belajar Madani Kabupaten Bandung (SIMBAD). Acara ini dibuka oleh Dindin Syarifudin selaku Project Manager di program Madani. Dalam pembukaannya Dindin mengatakan, suatu daerah akan maju ketika sumber daya manusianya memiliki kualitas dan kapasitas yang baik. Hal tersebut bisa terwujud (salah satunya) ketika kesehatan masyarakat sudah terjamin, terutama pada Kesehatan Ibu, Bayi baru lahir dan Balita sebagai salah satu elemen vital dalam kehidupan dan regenerasi bangsa. Lewat pembentukan Kader Pendamping Siaga KIBBLA ini diharapkan akan meningkatkan Kesehatan Ibu Bayi Baru Lahir dan Balita sehingga bisa menciptakan SDM yang berkualitas serta mampu memajukan Desa Cipinang dan Cikalong.
Kader Pendamping Siaga KIBBLA ini beranggotakan Ibu-Ibu Kader Pendamping dari Desa Cipinang serta Cikalong dan dibagi kedalam beberapa bagian/divisi diantaraya:
• Koordinator Kader
• Divisi Pendampingan
• Divisi Advokasi
• Divisi Pendidikan
• Divisi Data dan Informasi
Sri Nursyifa selaku Project Officer program Madani mengatakan, Untuk kegiatan selanjutnya akan ada program/kegiatan yang dilakukan bersama. Kegiatan terdekat yang akan dilakukan diantaranya, diskusi mengenai KIBBLA sebagai pembekalan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh Kader Pendamping, pelatihan teknik pendampingan ibu hamil dan juga pelatihan advokasi. Pelatihan advokasi bertujuan agar Ibu-Ibu Kader Pendamping bisa terlibat secara langsung dalam proses advokasi yang berkaitan dengan KIBBLA, karena proses advokasi mengenai KIBBLA sangat berhubungan dengan pengalaman perempuan sehingga jika Ibu-Ibu Kader Pendamping memiliki kemampuan untuk mengadvokasi diharapkan bisa menginisiasi aturan-aturan yang menjangkau hak-hak KIBBLA secara keseluruhan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar