PELATIHAN BAGI MITRA UTAMA DAN ANGGOTA SIMPUL BELAJAR MADANI

5 0 125
Gambar untuk PELATIHAN BAGI MITRA UTAMA DAN ANGGOTA SIMPUL BELAJAR MADANI
Sumenep, 22 Mei 2021 - Lakpesdam Sumenep telah mengikuti online plenary training for 5 modules yang difasilitasi oleh Tim Satunama Yogyakarta. Pelatihan yang difasilitasi secara virtual ini diikuti ratusan peserta dari unsur CSO Mitra Utama, Anggota Simpul Belajar, dan FC MADANI dari 4 Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 17-21 Mei 2021, dan rata-rata dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas CSO Mitra Utama MADANI dan Anggota Simpul Belajar dari 24 kabupaten kota lokasi program. Secara berturut-turut, materi yang dibahas pada hari pertama; tentang dinamika forum belajar, hari kedua; membangun jaringan, hari ketiga; advokasi kebijakan lokal dan rencana aksi, hari keempat; dinamika kelompok dan menajemen konflik, serta hari kelima; merawat keberlanjutan forum.

Keseluruhan materi tersebut memang sangat relevan dengan situasi di lapangan dan kebutuhan peserta dalam melaksanakan program USAID MADANI di daerah masing-masing. Kendati berlangsung dalan suasana lebaran 1442 H, ternyata acara ini tidak mengurangi semangat belajar, keaktifan dan partisipasi peserta dalam berdiskusi. Variasi materi yang disampaikan setiap hari dan relevansinya dengan kerja-kerja yang dilakukan peserta menjadi satu hal yang menarik dalam kegiatan ini.

Sisi lain yang juga dianggap surprise dalam pelatihan ini terdapat pre dan post test. Di setiap sessi harian dilakukan breakout room untuk diskusi kelompok yang hasilnya dipresentasikan dalam pleno yang cukup memacu adrenalin peserta. Selain itu, tim fasilitator juga menerapkan mentimeter sebagai survey cepat terkait tanggapan peserta terhadap materi, dan sebagai penutup diakhir sessi dilakukan quiz. Dari sisi kehadiran peserta yang cukup konstan hingga akhir pelatihan juga mengidikasikan dinamika proses yang menarik dan relevansi materi yang afektif (Uka).

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Lowongan CPNS di DPR RI 2021


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar

    Sehat dengan SAMILAKOR