PANDANGAN AGAMA TERHADAP DONOR DARAH

2 0 267
Gambar untuk PANDANGAN AGAMA TERHADAP DONOR DARAH
SUDUT PANDANG AGAMA ISLAM

Tranfusi darah diperbolehkan karena dengan perhitungan ilmiah yang tepat dapat menolong/ memberikan manfaat yang besar bagi resipien dan tidak memberikan kerugian/ kerusakan pada diri donor baik dalam jangka pendek maupun panjang.
Hasil perbandingan antara kemaslakhatan dan kemudlorotan jelas, yaitu kemaslahatan lebih besar dari kemudlorotan, sehingga tidak bertentangan dengan kaidah usul fiqh.
Hendaknya tujuan dari donor-tranfusi darah adalah untuk menyelamatkan hidup resipien, bukan keuntungan materi dari pendonor (jual beli darah).
Mendonorkan darah hukumnya fardlu kifayah mengingat semakin besarnya kebutuhan darah untuk menyelamtkan hidup manusia akibat bencana alam, kecelakaan, operasi, perang dan berbagai penyakit yang lain.
Jangan sampai donor darah menyebabkan pelecehan terhadap kehormatan manusia, karena jual beli anggota badan seperti donor anggota badan lain (ginjal, mata dll).

Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) perihal Donor Darah dan Transfusi Darah :
Para Alim Ulama Indonesia yang meninjau soal Transfusi Darah dari ilmu Kedokteraan dan Hukum Agama Islam, telah menuangkan keputusannya dalam Fatwa Nomor : 6 Tahun 1956 tertanggal 2 Oktober 1956 dari Majelis Pertimbangan Kesehatan dan Syara’ Kementerian Kesehatan RI, telah memutuskan sbb : Bahwa yang diharamkan mengenai darah dalam Al – Qur’an adalah memakan dan meminumnya yaitu memasukkan melalui kerongkongan.

Alim Ulama berpendapat bahwa haramnya darah adalah beralasan karena darah itu najis.
Dari penyelidikan Ilmu Kedokteran sekarang ini, ternyata bahwa :
- Darah yang dikeluarkan dengan suntikan pemindahan darah sesudah diperiksa dari segi dan dipilih sangat bermanfaat untuk jadi obat.
- Diantara penyakit ada yang tidak dapat diobati kecuali dengan satu – satunya jalan yaitu dengan menambahkan darah yang sehat dan cocok kepada darah si sakit yaitu penyakit kekurangan darah (Anemia), luka parah karena kecelakaan, operasi besar dst.

Memasukkan darah dengan suntikan pemindahan darah, tidaklah sama dengan memasukkannya dengan jalan memakan dan meminumnya baik salurannya maupun akibat atau hasilnya. Contoh Ayat dan Hadist Nabi yang menekankan pentingnya Upaya Penyembuhan suatu Penyakit :
Surat Al maidah Ayat 2 : “dan bertolong – tolonglah kamu dalam kebajikan dan ketaqwaan dan jangan bertolong – menolong dalam berbuat dosa dan bermusuhan“.

Surat Al ‘Isro Ayat 82 : “Dan Kami turunkan dari Al – Qur’an suatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang – orang mukmin”.

Surat Al Bagoroh Ayat 195 : “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu ke dalam kebinasaan”.

Hadist Nabi Muhammad SAW :
 HR Imam Ahmad, Ashabussunan, Al Hakim dan Ibnu Majjah : “Berobatlah hai hamba Allah, sesungguhnya Allah tidak memberi kecuali Dia memberi obatnya selain satu penyakit yaitu penyakit tua”.
 HR Imam Muslim : “Setiap penyakit ada obatnya dan apabila seseorang
tertimpa penyakit dan mendapat obat maka dengan izin Allah akan sembuh”. SUDUT PANDANG AGAMA KATOLIK
Menurut ajaran agama Katolik, menjadi donor darah pada dasarnya diperbolehkan. Agama Katolik justru mengizinkan dan menganjurkan agar kita menjadi Donor Darah.
Hal ini dikuatkan juga oleh ajaran Yesus Krsistus, sbb :
– ”Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”.
– ”Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaramu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Mt. 25.40).
– ”Yang menabur sedikit akan menuai sedikit, yang menabur banyak akan menuai banyak” (II Kor. 9,6).
Mencermati ajaran Yesus tersebut di atas, jelaslah bahwa kita dituntut untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Berdonor darah menyebabkan jiwa dan rohani menjadi sehat sehingga dapat berfungsi ganda, baik bagi diri sendiri maupun
untuk orang lain. Donor darah menurut ajaran Katolik sangat memupuk semangat persaudaraan dan solidaritas kepada mereka yang menderita sakit. (Sumber : Buku Pintar P2D2S PMI)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar