Munaqosah Santri TPQ

3 0 230
Gambar untuk Munaqosah Santri TPQ
LembagaTPQ Darul Muttaqin merupakan salah satu Lembaga yang sangat peduli dan perhatian kepada santri-santrinya. Beberapa minggu yang lalu, tepatnya hari Minggu 14 November 2021,Lembaga TPQ Darul Muttaqin mengikutsertakan kegiatan munaqosah santri yang diadakan oleh BMQ "At tartil". Kegiatan tersebut dilaksanakan di dusun klitih desa randegansari kecamatan Driyorejo kabupaten Gresik. Kegiatan ini diikuti oleh 162 peserta dari kurang lebih 10 lembaga di kabupaten Gresik. Dan lembaga TPQ Darul Muttaqin adalah lembaga yang mengirimkan peserta terbanyak 40 santri. Adapun kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menilai kemampuan santri dalam membaca Alquran.
"Alhamdulillah, santri kami dinyatakan LULUS semua dalam proses Munaqosah". ujar Ibu Sofia selaku kepala MADIN DARUL MUTTAQIN. Kegiatan munaqosah yang diadakan oleh bmq "At tartil"ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yakni ujian membaca jilid 6 dan membaca juz amma serta praktek shalat Subuh. Berdasarkan penuturan yang disampaikan oleh salah satu tim Munaqis Bmq "at tartil" bahwa kegiatan munaqosah terdapat 2 macam. Munaqosah tingkat dasar dan munaqosah tingkat marhalah. Dan lembaga TPQ Darul Muttaqien mengikuti kegiatan munaqosah tingkat dasar, adapun syarat dari mengikuti kegiatan munaqosah dasar tersebut adalah santri dinyatakan lulus jilid 6, santri dinyatakan lancar dalam membaca juz amma dan santri dinyatakan lancar serta hafal bacaan shalat.
diiringi hujan yang sangat lebat,selasa tanggal 23 November 2021 santri Darul Muttaqien mengikuti munaqosah pada proses yang kedua. Proses tersebut adalah santri diminta untuk menghafalkan doa sehari-hari, santri diminta untuk membaca surat-surat pendek beserta arti dan jumlah ayatnya. Santri Darul Muttaqin sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut titik mereka sangat gembira karena kemampuan mereka diuji secara langsung oleh tim terbaik dari BMQ "at tartil".
"santri kami sangat antusias, santri kami sudah bersiap mengikuti kegiatan ini dari pukul 13.30, mereka berharap semoga ujian ini berjalan lancar dan mendapat hasil yang terbaik" ujar Bu Sofia. Bu Sofia menambahkan " semoga ilmu yang di dapatkan anak anak menjadi ilmu yang bermanfaat, hal hal yang menjadi kekurangan santri serta hal hal yang menjadi kelebihan pada diri santri bisa dipertahankan dan menjadi lebih baik".

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar