Mewujudkan Lansia Sehat, Bekualitas, Produktif dan Mandiri

5 0 421
Bertempat di halaman Balai Desa Kebonharjo Pemerintah Desa Kebonharjo Bagian Kemasyarakatan menyelenggarakan senam masal yang diikuti oleh kader posyandu lansia, lansia, masyarakat, serta mahasiswa KKN Universitas Atmajaya Yogyakarta. Senam dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan peran serta partisipasi masyarakat terutama lansia dalam kegiatan posyandu lansia.

Senam dipandu instruktur senam dan petugas kesehatan dari Puskesmas Samigaluh II.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan baik dari Pemerintah Desa Kebonharjo maupun Puskesmas Samigaluh II.

Hidup sehat tidak harus mahal, untuk hidup sehat hanya perlu membiasakan diri dengan perilaku hidup sehat dan gaya hidup sehat, salah satunya dengan melakukan senam teratur. Warga Kebonharjo harus bersyukur bisa hidup di alam dengan udara bersih dan subur, sehingga memungkinkan untuk menjaga kesehatannya dengan cara yang mudah dan murah, demikian diungkapkan oleh Kepala Seksi Kemasyarakatan, Bpk. Tantono. Diharapkan pula, acara semacam ini dapat dilaksanakan rutin dan berkala. Beliau juga menghimbau, agar posyandu bisa melakukan kegiatan semacam di pedukuhan masing-masing.

Permasalahan terbesar pada lansia di Desa Kebonharjo adalah hipertensi. Untuk itu perlu bagi semua lansia membiasakan diri merawat kesehatan nya, demikian disampaikan oleh Kepala Desa Kebonharjo, Rohmad Ahmadi, S. I. P.

Selain itu, berdasar hasil screening lansia di tahun 2019, terdapat 70%-80% warga lansia yang positif kolesterol tinggi. Untuk itu perlu dibenahi asupan gizi pada lansi, terutama di kegiatan posyandu lansia di pedukuhan, demikian diungkapkan oleh Winarni Widiyastuti, bagian Promkes Puskesmas Samigaluh II. Dianjurkan pula bagi lansia untuk memperbanyak konsumsi air putih, mengurangi konsumsi garam, gula dan lemak serta melakukan aktifitas fisik secara rutin.

Selain pembinaan, peserta senam juga mendapatkan pelatihan senam anti stroke, dan akupressur sederhana, yang biasa dilakukan lansia di rumah. Diharapkan pula, lansia dengan dibimbing kader lansia bisa melakukan sendiri perawatan dan pemeliharaan kesehatan sehinga bisa terwujud lansia sehat, berkualitas, produktif, dan mandiri.(*)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 7
    Komentar
  3. 5
    Komentar
  4. 3
    Komentar

    Pengajian anak anak