Merubah Lahan Kumuh menjadi Lahan Hijau

3 2 914
Gambar untuk Merubah Lahan Kumuh menjadi Lahan Hijau
Keberadaan lahan tidak produktif dan kumuh menjadi kegelisahan warga dan pengurus kampung, karena selain berpotensi menimbulkan penyakit, juga mengundang pihak-pihak lain menambah kekumuhan lahan, misalnya sebagai tempat membuang sampah.

Kegelisahan tersebut terjadi di wilayah RW 08, Kampung Wirogunan, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta di awal tahun 2019.
Pengurus RW dan Tokoh masyarakat berinisiatif untuk merubah lahan kumuh dan tidak produktif menjadi lahan sayur yang bermanfaat, yang dikelola oleh Kelompok Dasa Wisma (Dawis) yang tergabung dalam Anggur 1.

Kelompok ibu-ibu Dawis ini terus berupaya dengan menanam sayuran untuk kebutuhan sehari-hari. Semangat ini terus terjaga, karena sudah dirasakan manfaatnya oleh warga, khususnya anggota Dawis.

Ketua RW 08, Hapsari mengatakan bahwa lahan ini lama mati dan menjadi tempat buang sampah bagi orang yang tidak bertanggungjawab, kemudian atas kerjasama warga akhirnya seperti ini. "Alhamdulillah, hasil dari lahan ini sudah dirasakan manfaatnya oleh ibu-ibu, khususnya dalam kelompok Dawis, sehingga kita tambah semangat. Bahkan ada beberapa warga yang sering selfie di tempat ini, disamping sebagai tempat kumpul warga bersama pengurus RW dan RT untuk sharing dan memikirkan kegiatan kampung", kata ibu tiga anak yang masih enerjik. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBerikhtiardanBerbuatUntukMasyarakat

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    Pertemuan Sibat se Kabupaten Banyuwangi ( latihan )