MENULIS BERITA?? KEBINGUNGAN TANPA UJUNG

2 0 94
Gambar untuk MENULIS BERITA?? KEBINGUNGAN TANPA UJUNG
JON RANTEPADANG, BARRU

Menulis berita merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang bukan hanya bagi jurnalis tapi bagi siapapun yang ingin mempublikasikan kegiatannya. Namun demikian, bagi pemula hal tersebut tentunya bukanlah merupakan hal yang mudah dilakukan, diperlukan proses pembelajaran secara terus menerus dan menjadikannya sebagai habit/kebiasaan, jika tidak akan membuat kebingungan tanpa ada ujungnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, LSKP bekerjasama dengan USAID MADANI, pada hari Kamis (15 Juli) bertempat di hotel Al Madera Makassar, menyelenggarakan Pelatihan Menulis Berita . Pelatihan diikuti oleh perwakilan 6 Lead Partner (LP) se Sulawesi Selatan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kapasitas Mitra Utama Madani di Sulawesi Selatan. PPO Daun Hijau Barru termasuk peserta pelatihan sebagai upaya untuk mempublikasikan berbagai kegiatannya melalui media.

“Tidak semua informasi, layak dimuat di media massa, harus memenuhi kriteria nilai berita”, ujar Sunarti Sain, Redaktur Radar Bulukumba, yang didapuk sebagai narasumber. Kriteria nilai berita; 1) cepat, aktual atau ketepatan waktu berita adalah sesuatu yang baru (news); 2) nyata , informasi tentang sebuah fakta yang terdiri dari kejadian nyata, pendapat, dan pernyataan sumber berita; 3) penting, menyangkut kepentingan orang banyak; dan 4) menarik.

Selain menjelaskan tentang teknis menulis berita narasumber juga menyampikan materi tentang “Peran Fotografi dalam Jurnalistik”. Dalam sebuah foto setidaknya harus ada beberapa poin penting dari sebuah tulisan yang bisa diwakilkan melalui foto tersebut”, ujar Sunarti Sain. Gambar atau foto memiliki daya kekuatan dalam dua segi; yaitu segi daya penarik dan segi pentingnya, sama halnya dengan kedudukan berita yang dibuat dengan baik, pungkasnya.

Untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang disampaikan, peserta diminta menuliskan berita singkat terkait kegiatan yang dilaksanakan .

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar