Mengenali Dasar Manajemen Pengetahuan dalam Pertemuan Cross Learning II Program Madani Jawa Timur

1 0 258
Jombang 18 Agustus 2021 secara daring, Sanggar Hijau Indonesia bersama dengan Lead Partner Program Madani se-Jawa Timur mendapatkan pelatihan pengenalan dasar-dasar manajemen pengetahuan (knowladge management) yang di paparkan oleh Bahtiar Fitanto Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Pada kesempatan ini Bahtiar memaparkan terkait agenda pembahasan dalam mempelajari knowladge manajemen yang meliputi: (1) manajemen pengetahuan untuk sistem pengetahuan yang lebih baik, kuat, dan hasil yang lebih baik, (2) jalur manajemen pengetahuan dalam organisasi, (3) kerja kelompok: refleksi tentang komponen MP dalam organisasi dan kinerja, (4) menulis dengan efektif untuk materi manajemen pengetahuan.
Dalam pemaparanya dijelaskan pentingnya melakukan manajemen pengetahuan dengan menggunakan pendekatan lingkar emas (golden circle). Golden circle atau lingkar emas sendiri merupakan diagram praktis yang dapat digunakan untuk mengetahui misi atau tujuan kita, prinsip yang digunakan adalah mengkomunikasikan ide yang efektif untuk dilakukan dengan berpikir dan berkomunikasi dari dalam keluar. Secara ringkas Bahtiar memaparkan golden circle atau lingkar emas dalam bertindak, berpikir dan berkomunikasi dari dalam ke luar. Point yang perlu diperhatikan untuk mengetahuinya adalah dengan memahami apa yang kita lakukan, bagaimana kita melakukan hal itu, mengapa kita melakukan hal itu, yang secara keseluruhan menjadi sebuat data informasi kita dalam penulisan proses-proses untuk mencapai misi atau tujuan yang sudah kita tentukan.
Dalam pemaparanya membawa banyak diskusi dua arah antara pemateri dan peserta yang membuat diskusi menjadi lebih hidup. Selanjutnya Bahtiar melanjutkan pemaparanya terkait bagaimana sebuah organisasi dapat mencapai sebuah tujuan, diperlukan sebuah data yang berisikan fakta dan angka yang menyatakan suatu hal yang spesifik untuk kemudian dapat dirangkum untuk menjadi informasi. Dari informasi yang sudah disesuaikan dengan konteks dapat dianalisis dan diinterpretasikan agar dapat memberikan makna yang relevan sehingga dapat menjadikan sebuah pengetahuan. Dari pengetahuan ini akan menghasilkan kemampuan bertindak secara efektif.
Dalam hal ini knowladge management atau manajemen pengetahuan memang perlu untuk dikenalkan kepada organisasi agar organisasi dapat berjalan lebih terarah, efektif dan efisien dengan mampu meningkatkan gagasan, inovasi, pemikiran, kompetensi dan keahliannya.
Video by Simon Sinek

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar