Menanam Benih Harapan

Gambar untuk Menanam Benih Harapan
Bulan Januari yang lalu para petani padi sudah menikmati hasil kerja keras yang dilakukan selama selama beberapa bulan. Setelah masa panen usai, di pertengan bulan maret lalu para petani kini kembali harus bekerja keras mengolah sawah yang mereka miliki dengan sebaik mungkin agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Beberapa waktu lalu areal persawahan masih berserak sisa damen padi tetapi saat ini sudah tertancap anakan padi yang semakin lama semakin tumbuh subur. Dibalik tumbuhnya anakan padi ini sesungguhnya ada satu kehawatiran. Apa itu? Dengan datangnya musim tanam berarti para petani berada dalam masa paceklik.

Jika musim paceklik tiba maka kehidupan petani terutama petani yang memiliki lahan sedikit akan menjadi semakin sulit. Hal itu disebabkan hasil sedikitnya penghasilan dari padi yang mereka tanam. Biasanya untuk modal turun sawah para petani meminjam ke agen padi mereka. Sehingga ketika panen nanti mereka tidak bisa menentukan harga jual padi yang mereka tanan.

Apa lagi situasi saat ini di mana umat Muslim memasuki bulan Puasa dan sebentar lagi Lebaran. Kebutuhan hidup semakin meningkat, pengeluaran semakin membengkak. Situasi seperti ini semangkin memperparah kondisi ekonomi rumah tangga. Dan orang yang paling terdampat menanggung beban ini adalah perempuan. Karena perempuan adalah orang yang bertanggungjawab langsung dalam mengelola keuangan rumah tangga.
Untuk mengatasi masalah ekonomi dalam rumah tangga maka para petani harus bekerja keras menjadi buruh serabutan. Dan bahkan ada beberapa petani yang terpaksa harus meminjam uang ke rentenir untuk memenuhi kebutuhan dapar mereka. Dan hal ini menyebabkan kehidupan mereka semakin miskin.

Saat musim paceklik seperti ini ditambah lagi dengan momen Puasa dan Lebaran menyebabkan meningkatnya angka kejahatan. Sudah entah berapa kali kasus pencurian dialami masyarakat sidodadi. Maka dengan situasi yang seperti ini dibutuhkan kewaspadaan masyarakat agar terhindar dari kejahatan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar