Memanfaatkan Peluang di tengah Ketidaktahuan

2 0 187
Gambar untuk Memanfaatkan Peluang di tengah Ketidaktahuan
Beternak ayam atau kambing atau sapi pasti sudah bisa ya. Tapi bagaimana dengan bertenak kelinci??? Mungkin banyak orang yang berkata “tidak” untuk berternak kelinci, yang tentu saja dengan berbagai macam alasan. Padahal peluang usaha ternak kelinci cukup menjanjikan karena kelinci termasuk hewan yang gampang dijinakkan, mudah beradaptasi dan cepat berkembangbiak. Secara umum terdapat dua kelompok kelinci, yakni kelinci budidaya dan kelinci hias. Kelinci budidaya adalah jenis kelinci yang dibudidayakan untuk dikonsumsi dagingnya atau diambil kulit dan bulunya. Sedangkan kelinci hias adalah jenis kelinci untuk hewan kesayangan.Tetapi bagi kami yang sudah jatuh cinta dengan kelinci, tentu tidak sampai hati menjadikan kelinci budidaya kami kami pelihara dijadikan sebagai santapan manusi.
Berawal dari ketidak sengajaan, kami memelihara 2 ekor kelinci betina yang bernama Bunny dan Rabbit. Tetapi karena ketidaktahuan kami Rabbit terkena penyakit sorehock dan tidak ditangani dengan baik sehingga kelinci kesayangan kami mati. Tak lama berselang Bunny mengalami penyakit yang sama, karena takut mengalami nasip yang sama dengan Rabbit maka kami segera mencari cara mengobati sorehock pada kelinci, saat belum ada petshop apalagi dokter hewan dikota kami. Kami mengobati sorehock di kaki Bunny dengan betadine dan kami berusaha mencari keberadaan dokter hewan di kota kami. Dengan bertanya kesana kemari akhirnya kami menemukan puskesmas hewan.segera kami bawa Bunny kepuskesmas hewan tersebut kemudian Bunny disuntik oleh dokternya. Tak lama kemudian penyakit si Bunny sembuh. Melihat Bunny yang kesepian karena sedirian kami memutuskan membeli seekor kelinci jantan untuk Bunny. Dari sinilah awal kami menjadi peternak kelinci. Hanya dengan modal sepasang kelinci, tanpa pengetahuan yang memadai kini kami sudah memiliki lebih 20 ekor kelinci bahkan sudah mulai menjual beberapa pasang kelinci.
Untuk menambah pengatahuan tentang bagaimana memelihara kelinci kami bergabung dengan grup pencinta kelinci dan sering mencari informasi di internet mengenai serba serbi kelinci. Hingga saat ini sudah banyak pengalaman yang kami dapat selama berternak kelinci, mulai dari induknya melahirkan dalam tanah, yang entah kapan si induk melahirkan tetapi tiba-tiba keluar anak kelinci dari dalam lubang, ada yang tiba-tiba dilantai ada anak kelinci setelah dicari-cari ternyata ada kelinci yang baru saja melahirkan dalam kandangya,ada juga kelinci yang baru 10 hari melahirkan kemudian ditinggal mati induknya sehingga kami harus menjadi pengganti induk untuk anak kelinci dan beberapa masalah lainnya. Melelahkan memang tetapi melihat tingkah laku bayi kelinci yang imut dan menggemaskan adalah obat kami lelah kami sekeluarga.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar