Masjid Baiturrahman Wirogunan, Persiapkan Diri sebagai Masjid Ramah Anak

3 0 278
Gambar untuk Masjid Baiturrahman Wirogunan, Persiapkan Diri sebagai Masjid Ramah Anak
Masjid Baiturrahman, Jalan Tamansiswa, Kampung Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, salah satu masjid kampung di Kota Yogyakarta, yang mempersiapkan diri sebagai Masjid Ramah Anak (MRA).

Masjid Ramah Anak  (MRA) merupakan salah satu kebijakan KemenPPPA yang di dukung oleh Kemetrian Agama dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). MRA atau disebut juga Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA) dimaksudkan untuk mewujudkan satuan masjid sebagai ruang publik untuk beribadah yang dapat menjadi salah satu alternatif untuk dikembangkan menjadi tempat anak-anak berkumpul, melakukan kegiatan positif, inovatif, kreatif dan rekreatif yang aman dan nyaman, dengan dukungan orangtua dan lingkungannya.

Salah satu persiapan yang dilakukan dengan kegiatan koordinasi, sosialisasi dan komitmen bersama, tidak hanya bagi Takmir, namun juga Pengurus Kampung, RT, RW dan Tokoh Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Baiturrahman, Rabu (19/05/2021).

Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (PPHA) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta, Sri Isnayati Sudiasih, menyatakan Masjid Baiturrahman, Mergangsan Kidul sebagai salah satu pilot project RIRA Kota Yogyakarta, selain Masjid Diponegoro, Kompleks Balaikota.

Penetapan kedua masjid tersebut, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor : 236 tahun 2021 tentang Penetapan Rumah Ibadah Ramah Anak Kota Yogyakarta, lanjut Isna.

"Dukungan semua pihak, khususnya Takmir dan Tokoh Masyarakat, sangat menentukan keberlangsungan RIRA. Diharapkan masjid tidak hanya nyaman bagi orang dewasa untuk beribadah, namun juga nyaman bagi anak", kata Isna yang didampingi Kasie Pemenuhan Hak Anak (PHA) DP3AP2KB, AE. Erwina Siwi Utami.

Lebih lanjut Isna menjelaskan, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi, inisiasi dan konvensi tingkat Kota Yogyakarta. Selanjutnya akan dilakukan penanda tanganan komitmen, dan launching RIRA.

Sementara Sekretaris Takmir Masjid Baiturrahman, Abdul Razaq menegaskan, Takmir dan jama'ah Masjid Baiturrahman menyambut baik dan berkomitmen dalam pelaksanaan RIRA. Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan telah dilakukan sosialisasi kepada jama'ah Masjid Baiturrahman.

"RIRA Masjid Baiturrahman sejalan dengan program takmir. Selain itu, akan disinergikan dengan Kampung Ramah Anak (KRA), dan Branding Kampung Mergangsan Kidul", tegas Razaq

Dunia anak adalah dunia bermain, sehingga kegembiraan mereka adalah saat bermain,  dimanapun mereka berada, termasuk saat mereka berada di masjid.

MRA atau RIRA sebagai ikhtiar mendekatkan anak kepada masjid. Fasilitas masjid yang nyaman bagi anak, turut mendukung keberhasilan program MRA/RIRA. (KangRozaq)

#MasjidBaiturrahman
#MasjidRamahAnak
#RumahIbadahRamahAnak
#AbdulRazaq

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. VAKSINASI INDONESIA BANGKIT


Komentar Terbanyak

  1. 10
    Komentar
  2. 4
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar