Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

6 0 381
Gambar untuk Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur
Apa pengaruh mematikan lampu saat tidur?

Beberapa penelitian yang meneliti tingkat kenyenyakan orang yang tidur dengan cahaya lampu dan orang yang tidur tanpa cahaya lampu.

Hasil dari penelitian tersebut secara signifikan menunjukkan bahwa orang yang tidur dengan cahaya lampu lebih sering terbangun ketika tidur. Selain itu, orang yang tidur dengan cahaya lampu memiliki kualitas tidur yang kurang jika dibandingkan dengan orang yang tidur tanpa cahaya lampu. Hal ini menunjukkan bahwa mematikan lampu saat tidur dapat membuat tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

Secara tidak disadari, saat seseorang tertidur terjadi pengeluaran beberapa hormon yang berperan penting bagi tubuh. Selain hormon pertumbuhan, salah satu hormon yang banyak dikeluarkan saat tidur adalah hormon melatonin. Pengeluaran hormon melatonin ini sangat dipengaruhi oleh cahaya. Cahaya terang dapat menghambat pengeluaran hormon melatonin. Padahal, hormon melatonin ini sangat bermanfaat bagi tubuh jika dapat dikeluarkan secara normal.

Fungsi utama hormon melatonin ini adalah membuat tidur lebih nyenyak sehingga seseorang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, dan mencegah terjadinya insomnia. Di samping itu, hormon melatonin juga memiliki efek antioksidan dan antiperadangan bagi tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hormon melatonin ini mampu mencegah penyakit jantung, kanker payudara pada wanita, dan kanker prostat pada pria. Selain itu, hormon ini juga memiliki pengaruh terhadap kesuburan dan siklus menstruasi wanita.

Kelebihan dan kekurangan hormon melatonin ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa gangguan di tubuh. Salah satu faktor yang dapat terganggunya proses pelepasan hormon melatonin ini adalah cahaya, seperti cahaya lampu.

Sumber: klikdokter.com

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar