Laman LearningApps.org Sebagai Media Membuat Game Sederhana Guna Meningkatkan Minat Literasi Siswa

1 0 270
Gambar untuk Laman LearningApps.org Sebagai Media Membuat Game Sederhana Guna Meningkatkan Minat Literasi Siswa
Sampai saat ini, sebagian besar daerah di Indonesia masih memberlakukan aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang mengharuskan setiap orang untuk lebih baik berdiam di rumah. Salah satu pihak yang terdampak yaitu para perangkat sekolah terutama guru dan siswa. Para guru dan siswa diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran melalui daring. Maksudnya yaitu keduanya tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran secara langsung atau tatap muka di sekolah seperti biasanya. Hal tersebut pastinya menimbulkan berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Dampak positifnya yaitu guru dan siswa tetap terhindar dari bahaya penularan Covid-19 dan dampak negatifnya yaitu menurunnya minat literasi beberapa siswa karena merasa tidak diawasi oleh guru secara langsung.

Melihat dampak negatif tersebut, pihak LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UPI akhirnya memutuskan untuk menggunakan tema “KKN Tematik Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Pusat Prestasi” untuk KKN 2021. Kegiatan KKN tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 26 September 2021 dan penulis akan melaksanakan KKN di SDN 06 Ciseureuh, Purwakarta. Kegiatan KKN ini akan dilakukan secara daring karena melihat aturan PPKM yang masih berlaku dan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu diharapkan juga saat kegiatan selesai, tujuan yang diharapkan pun dapat tercapai.

Dalam rangka meningkatkan minat literasi siswa, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan laman learningapps.org yang dapat diakses melalui Google. Laman ini di dalamnya terdapat berbagai jenis model game sederhana seperti menebak gambar, mencari kata, menyusun puzzle, dan masih banyak lagi. Cara menggunakan laman ini juga cukup mudah yaitu dengan memiliki ide, memilih contoh model game sederhana yang sesuai dengan materi yang akan dibahas, menyusun game, kemudian membagikan hasil game tersebut kepada siswa.

Dalam kegiatan KKN ini, penulis membimbing guru agar dapat menggunakan laman tersebut, juga menciptakan beberapa game sederhana untuk membantu meningkatkan minat literasi siswa. Dengan menggunakan media game sederhana ini, diharapkan siswa dapat lebih tertarik dengan literasi. Karena siswa SD terutama siswa kelas rendah, pasti akan lebih tertarik jika menggunakan media yang menyenangkan.

Penulis: Maryam Awaliyah dan Jojor Renta Maranatha, M.Pd.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar