KOBBER : Komitmen Perlu Direalkan Dengan MoU Kesepakatan

2 1 152
Gambar untuk KOBBER : Komitmen Perlu Direalkan Dengan MoU Kesepakatan
Brebes - Komunitas Brebes Bersama (KOBBER) melakukan kegiatan rutin dengan agenda penyepakatan modeling dua desa piloting peduli Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBLA) dan Piloting Monitoring Layanan Aduan di dua puskesmas, melalui pertemuan dalam jaringang (daring) Kamis, (05/08/2021).

Dua desa piloting Peduli KIBBLA, diharapkan menjadi role model dalam penanganan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), yang masih sangat tinggi di Jawa Tengah. Kolaborasi antara pemerintah desa, organisasi masyarakat, privat Sector dan masyarakat sama-sama bicara tentang KIBBLA. Maka untuk menyukseskan dan memperkuat komitmen dari para pihak perlu adanya MoU Kesepakatan Bersama.

Disampaikan Herwanto saat menyampaikan rencana aksi KOBBER yang sudah dirumuskan dan disepakati bersama. "Bagaimana menumbuhkan rasa peduli masyarakat terkait persoalan KIBBLA? bagaimana isu KIBBLA bisa terintegrasi dengan kearifan lokal yang ada?," Katanya.

Disamping membahas tentang modeling piloting di dua desa peduli KIBBLA, KOBBER juga membahas bagaimana terkait monitoring layanan aduan masyarakat terkait layanan kesehatan di dua puskesmas piloting. AtmaGo atau Atma Connect selaku Service Provider yang menyediakan platform layanan aduan secara online, melalui direkturnya Alfan mengatakan bicara aduan adalah ada dua komponen penting didalamnya.

" Pemberi layanan dan penerima layanan, dimana keduanya harus sama-sama dikuatkan. Disisi pemberi layanan harus dikuatkan komitmennya dalam mengelola aduan dan penerima layanan harus dikuatkan pengetahuannya bagaimana menyampaikan aduan," kata Alfan.

Kritis dari masyarakat dalam menyalurkan aduannya bukan semata-mata untuk menjatuhkan, tetapi dalam upaya bersama dalam mewujudkan layanan yang lebih baik. Komitmen pemberi layanan juga menjadi indikator yang utama, jangan sampai masyarakat kehilangan kepercayaan dan akhirnya menggunakan cara-cara yang kurang tepat, terang Alfan selanjutnya.

Kustoro selaku perwakilan dari LSM Agustus menyampaikan bahwa layanan aduan secara online yang akan disediakan oleh atmaGo sangat relevan dengan kondisi saat ini. Tetapi bagaimana kita menyampaikan dengan baik kepada masyarakat dan pemberi layanan agar bisa terealisasi dengan baik.

Kegiatan ini juga membahas tentang draf kesepakatan bersama yang nanti akan dilakukan pada pertemuan dengan pemerintah daerah dan berbagai stake holder. Sebagai informasi KOBBER terdiri dari 12 organisasi yang ada di Kabupaten Brebes yaitu Yayasan Eska Unggul Indonesia, Yayasan SIMPUL, LSM Gebrak, LSM Agustus, IBI Cabang Brebes, GP Ansor Brebes, PD PM Brebes, PC Muslimat NU Brebes, PD NA Brebes, Serikat PEKKA, MAKKAB dan G-Debat.

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 4
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    GEMAS (GErakan MembacA Sejak dini)