Kisah Nenek Maryani di Bogor Naik Haji Berkat Memulung

2 0 150
Gambar untuk Kisah Nenek Maryani di Bogor Naik Haji Berkat Memulung
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Mimpi Maryani (64) untuk naik haji akhirnya terwujud. Nenek yang tinggal di Pulo Geulis, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini akan berangkat ke Tanah Suci pada Agustus mendatang.

Sehari-harinya, Maryani berprofesi sebagai pemulung. Uang hasil memulung ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara sisanya ia tabung untuk membiayai keberangkatannya ke tanah suci.

Maryani mengaku mulai mengumpulkan barang-barang bekas sejak 1993. Sejak itu pula, nenek yang suaminya telah meninggal dunia ini mulai bertekad untuk pergi haji.

"Saya kepengen naik haji itu dari tahun 1993. Emang pengen naik haji cita-citanya, kemudian iseng-iseng ngumpulin rongsokan lalu coba nabung dari jual rongsokan. Dari 1993 ngumpul rongsokan," ujar Maryani berkisah.

Dia biasanya mencari barang-barang tak terpakai dengan berjalan kaki ke beberapa tempat yang tak jauh dari rumahnya. "Nyarinya di sini-sini saja gak jauh-jauh dari rumah. Kita ngumpulin botol aqua, barang bekas berbahan plastik itu, ya pokoknya apapun lah yang bisa dijadikan rongsokan saya kumpulin," katanya.

Dia mengaku, dari hasil memulung ia mendapatkan tabungan sebesar Rp1,2 juta per tahunnya. "Saya jual hasil rongsok tahunan, jadi kita ngumpulin dulu rongsokan setahun soalnya kalau dijual tiap hari dapatnya kecil paling Rp5.000, kelihatan kayak yang banyak kalau dikumpulin setahun, bisa Rp1.200.000," katanya.

Maryani mendaftar untuk naik haji pada 2012. Saat itu uang yang dia kumpulkan baru mencapai Rp 25 juta dan butuh 10 juta lagi untuk tambahannya.

Meski kekurangan uang, Maryani tetap mendaftar haji. Ia kemudian mencoba mengumpulkan pasir di Sungai Ciliwung untuk menambah pemasukan selain memulung.

Pada 2019 dia akhirnya bisa melunasi cicilan ongkos haji dan mendapatkan panggilan untuk beribadah ke Makkah. "Alhamdulillah perasaannya senang bisa naik haji karena cita-cita memang naik haji, cek kesehatan juga sudah, hasilnya bagus, alhamdulillah bersyukur bisa naik haji," ungkap Maryani.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 jam lalu
  4. 3
    Komentar