Kelas Pintar Sebagai Salah Satu Solusi Pendidikan Online Di Kabupaten Lombok Tengah

2 1 518
Gambar untuk Kelas Pintar Sebagai Salah Satu Solusi Pendidikan Online Di Kabupaten Lombok Tengah
Praya, 27 Juli 2020

Kegiatan sosialisasi Kelas Pintar dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah, H. Sumum, S.Pd.,SH., M.Pd melalui teleconference. Pada arahan beliau intinyanya bahwa Dinas Pendidikan sangat konsen dengan keluhan masyarakat terkait dengan kapan anak-anak mereka masuk sekolah. Namun karena kawasan Nusa Tenggara Barat masih dalam kondisi zona merah, maka menurut surat edaran Bapak gubernur bahwa semua sekolah yang ada dikawasa ini belum boleh dibuka secara tatap muka. Kendati demikian Dinas Pendidikan Lombok Tengah terus berupaya dan melakukan diskusi-diskusi dengan semua stakeholder pendidikan bagaimana solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan proses pembelajaran agar semua anak-anak, khususnya yang berada di Lombok Tengah bisa tetap belajar.

Sebagai keseriusan Bapak Kadisdik, beliau membangun kerjasama dengan salah satu produsen aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis online dengan nama "Kelas Pintar" (Smart Class). Sebagai tindak lanjut dari kerja sama tersebut Dinas Pendidikan Lombok Tengan bersama Tim dari Kelas Pintar menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Kelas Pintar dengan tema " Sosialisasi Kelas Pintar Sebagai Solusi Pendidikan Online Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020". Sosialisasi diselenggarakan di Aula Kantor UPTD Pelayanan PAUD dan DIKDAS Kecamatan Praya pada tanggal 27 Juli 2020.

Selanjutnya Bapak Kadis Pendidikan berharap agar semua kepala sekolah yang hadir untuk terus berupaya dan berfikir kreatif dan inovativ mencari model-model pembelajaran yang cocok di masa pendemi agar anak-anak tetap belajar dengan maksimal. Diakhir sambutannya, beliau berharap dan mengajak semua peserta untuk selalu berdoa agar covid-19 cepat berlalu dan sekolah-sekolah bisa dibuka seperti sedia kala dan proses pendidikan bisa berjalan dengan normal. Sebelum mengahiri arahannya, beliau membuka kegiatan Sosialisasi Kelas Pintar dengan mengajak semua peserta kegiatan sosialisasi dengan sama-sama membaca "Basmallah".

Selanjutnya acara kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh salah satu anggota tim sosialisasi dari produsen Kelas Pintar. Diawal presentasinya penyaji memperkenalkan bahwa Kelas Pintar merupakan salah satu produk aplikasi belajar jarak jauh berbasis daring/online, seperti aplikasi-aplikasi yang lain, namun setiap aplikasi pasti ada kelebihan- kelebihan. Menurut penyaji bahwa aplikasi ini lahir dengan latar belakang bahwa dimasa pandemi covid-19 semua tatanan kehidupan menjadi berubah seperti, tatanan sosial, ekonomi, budaya termasuk bidang pendidikan.

Karena pandemi ini mengakibatkan sekolah- sekolah belum boleh dibuka untuk belajar secara tatap muka apalagi sekolah- sekolah yang berada pada zona merah. Untuk menjawab tantangan pendidikan pada masa pandemi ini maka tim Kelas Pintar melakukan riset dan berdiskusi dengan beberapa kepala sekolah, maka dari hasil riset dan diskusi yang dilakukan tim menemukan solusi permaslahan dalam proses pembelajaran yakni dengan menawarkan fitur Kelas Pintar. Fitur ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan aktifitas belajar mengajar dilakukan secara online tapi dengan pengalaman belajar layaknya di sekolah.

Fitur bernama "Sekolah" ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Kelas Pintar mulai tanggal 18 Mei 2020. Fitur ini kami hadirkan khusus untuk membantu sekolah, guru dan juga siswa dalam melakukan proses belajar mengajar, kapan dan dikondisi apapun. Penyaji juga menambahkan fitur "Sekolah" adalah solusi untuk guru dan murid agar tetap dapat melakukan proses belajar mengajar secara online, tanpa mengurangi interaksi yang selama ini sudah terbangun antara guru, siswa,

Metode pembelajaran yang ditawarkan Kelas pintar terdiri dari learning, practice dan tes, Untuk bagian learning siswa belajar konsep dengan membaca teks dan menonton video, pada kelas praktice siswa diberikan latihan-latihan berupa games atau video -video animasi. Sedangkan pada bagian Tes, siswa diberikan soal-soal menyangkut tes akademik, keterampilan dan tes karakter. Pada Kelas Pintar juga memiliki tiga cakupan fitur diantaranya adalah fitur perencanaan pembelajaran, fitur pelaksanaan pembelajaran dan fitur penilaian hasil pembelajaran

Pada Fitur persiapan pembelajaran kelas pintar menyediakan administrasi guru berbasis online salah satu berisi Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP). Kemudian Fitur Pelaksanaan pembelajaran berisi video, teks-teks wacana untuk penanaman konsep dan tugas-tugas yang akan dikerjakan siswa. Kemudian Fitur pinilaian berisi tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan pada setiap ahir pembelajaran. Bentuk tesnya adalah ada dalam bentuk mc, esssy atau dalam bentuk video dimana siswa bisa memilih model tugas yang diberikan oleh guru.

Pada sesi berikutnya adalah demo tentang bagaimana mengakses program kelas pintar dan bagai mana teknis pelaksanaan dalam proses pembelajaran. Untuk mengakses program kelas pintar bisa dicari dengan menggunakan mesin mencsri google dengan mengklik alamat web kelas pintar yaitu www.kelaspintar.com namun untuk masuk ke web tersebut sekolah harus memiliki akun contohnya guruahli1@kelaspintar.id dan pasword 123456

Secara teknis cara masuk ke website kelas pintar adalah pertama klik alamat website seperti yang telah dijelaskan di atas, kemudian masukan akun dan langkah selanjutnya adalah memasukkan password. Setelah masuk ke website tinggal memilih fitur-fitur sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru. Untuk lebih jelasnya silahkan coba sendiri sesuai prosedur yang telah dijelaskan di atas. Selamat mencoba🙏

#wargalawancovid19
#madanicovid19

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar