Kekeringan dan Erupsi Gunung Sinabung

3 1 140
Gambar untuk Kekeringan dan Erupsi Gunung Sinabung
Kabupaten Karo - Saat hujan abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung pada tanggal 7 Juli 2021 terjadi, warga sibuk mengantri untuk mendapatkan air bersih dari truk tangki air PMI Kabupaten Karo akibat kekeringan yang melanda desa mereka.

Bencana erupsi Gunung Sinabung sudah tentu sangat meresahkan bagi warga terutama yang tinggal di seputaran kaki Gunung Sinabung. Namun kini mereka dihadapkan pada 2 situasi sekaligus, yaitu hujan abu vulkanik dan kekeringan.

Hal itulah yang terjadi di Desa Ndeskati Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo Sumatera Utara. Warga berbondong-bondong berkumpul sambil membawa wadah penampungan masing-masing saat mendengar kabar bahwa truk tangki air bersih PMI Kabupaten Karo datang untuk mendistribusikan air bersih.

“Sudah 5 hari air tidak jalan, Kak. Untuk memasak saja sudah tidak ada air, apalagi untuk mandi dan mencuci”, ujar Lita (15 tahun) kepada relawan PMI Kabupaten Karo saat ember yang ia bawa diisi oleh relawan PMI Kabupaten Karo. Lita adalah salah satu warga Desa Ndeskati yang memang tidak direlokasi atau diungsikan oleh pemerintah karena masih berada pada zona aman dari awan panas. Namun begitu setiap terjadi erupsi Gunung Sinabung desa mereka selalu ditutupi oleh abu vulkanik tebal dan kerikil pasir material Gunung Sinabung.

“Untung kalian datang kak, kalau tidak kemana lagilah kami mencari air. Air sungai pun keruh”, tutur Lita yang memang sudah kenal dengan relawan PMI Kabupaten Karo. Lita sudah akrab dengan bencana erupsi Gunung Sinabung sejak umur 4 tahun. Dulu, Lita dan neneknya mengungsi sejak letusan pertama Gunung Sinabung tahun 2010. Oleh sebab itu dia tidak asing dengan relawan PMI karena saat dipengungsian dulu, Lita suka membantu relawan PMI Kabupaten Karo melakukan pelayanan di Posko Pengungsian.

Bencana Erupsi Gunung Sinabung memang sudah sangat lama terjadi. Seringkali erupsi Gunung Sinabung menimbulkan bencana lain, salah satunya kekurangan air bersih akibat mata air yang kering di beberapa titik. Mau tidak mau, siap atau tidak masyarakat harus terbiasa dan ditempa untuk menjadi kuat dan bertahan dengan cara mereka masing-masing.

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar