Kejar Cakupan Vaksinasi Babinsa Koramil Pacet – Nakes Jemput Bola Keliling Dusun

0 0 100
Gambar untuk Kejar Cakupan Vaksinasi Babinsa Koramil Pacet – Nakes Jemput Bola Keliling Dusun
Mojokerto, - Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Mojokerto, TNI-Polri tak henti mensupport Dinkes berserta jajaran UPT Puskesmas dalam layanan vaksinasi di Tlatah Majapahit. Tak dipungkiri berkat sinergitas ini, cakupan vaksinasi mengalami kenaikan di semua sasaran mulai remaja hingga Lansia.

Sinergitas dan dukungan ini tidak hanya pada level Forkopimda dan Forpimka namun menyeluruh hingga tingkat desa, mulai Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Nakes. Seperti Babinsa Koramil 0815/16 Pacet Pelda Imam Mustofa bersama Kades, Bhabinkamtibmas dan Nakes, turun bareng dalam layanan vaksinasi ke dusun-dusun di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Danramil 0815/16 Pacet Kapten Caj M. Luthfi Anam, saat dikonfirmasi, menuturkan, para Babinsa bersinergi dengan Kades dan Bhabinkamtibmas untuk mengawal, mendampingi dan mengamankan layanan vaksinasi yang dilakukan Nakes UPT PKM maupun Bidan/Perawat Desa. ”Hal ini dilakukan demi kelancaran percepatan layanan vaksinasi di semua sasaran”, tuturnya.

Ditegaskannya, untuk mengejar target cakupan tersebut, selain menggelar layanan vaksinasi tersentral, Koramil beserta Forpimka dan UPT PKM beserta Tiga Pilar Desa dan Nakes telah melakukan layanan vaksinasi ke desa-desa, dusun, RW dan RT. ”Layanan vaksin keliling ini, merupakan salah satu cara untuk memudahkan menyisir warga yang belum tervaksin”, tegasnya, Jum’at (19/11/2021).

Pantauan di lapangan, Babinsa bersama Kades dan Bhabinkamtibmas turun langsung mendampingi Nakes PKM Pacet dan Bidan Desa memberikan pelayanan vaksinasi keliling dusun di wilayah Desa Pacet. Layanan vaksin tersebut berhasil memvaksin 300 warga dengan rincian 103 dosis satu dan 197 dosis dua. Masih di wilayah Pacet layanan Kesehatan yang diyakini mampu menangkal serangan virus corona ini, juga berlangsung di PKM Pandan dan Desa Warugunung dengan capaian 179 dosis dengan rincian dosis satu 74 dosis dan dosis dua 105 dosis.

Sementara, Babinsa Warugunung Pelda Imam Mustofa, menambahkan, layanan vaksinasi keliling dusun kadang terkendala kondisi cuaca saat ini yang kerap turun hujan, sementara target vaksin harus tercapai. Namun hal tersebut bisa diatasi, dengan cara menjemput para Lansia diajak ke rumah salah satu perangkat desa atau warga dimana Nakes memberikan layanan vaksin.

Masih katanya, kondisi tersebut pernah kami alami, saat vaksinasi door to door di Dusun Kepatihan Desa Warugunung. Ketika vaksinasi sedang berlangsung turun hujan lebat sementara hari sudah sore. Karena tuntutan target akhirnya kami bersama Pak Polo (Kepala Dusun) menjemput para Lansia untuk vaksin di rumah Ketua RT 01 RW 05. ”Alhamdulillah, saat itu Nakes bisa memvaksin 98 warga, dengan capaian dosis satu 61 dosis dan dosis dua 37 dosis”, tutupnya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar