Kajian Rutin #04 : Pendidikan Sholat dan Ibadah lain Terhadap Anak

2 0 159
Gambar untuk Kajian Rutin #04 : Pendidikan Sholat dan Ibadah lain Terhadap Anak
Masjid Baiturrahman, Kampung Mergangsan Kidul, Kel. Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta adakan kajian rutin "Kitab Fathul Mu'in" setiap hari Jum'at malam (malam Sabtu). Kajian rutin tersebut disampaikan Ustadz Firdaus Arifullah, lulusan Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur.

Kajian rutin hari Jum'at (5/2/2021) sebagai kajian #04 sejak 15/1/2021. Kajian diikuti jama'ah Masjid Baiturrahman dan umat islam sekitarnya. Kajian dimulai ba'da sholat Maghrib hingga menjelang Sholat Isya'.

Abdul Razaq, sekretaris Takmir Masjid Baitirrahman menyatakan pilihan kitab "Fathul Mu'in" dimaksudkan agar jama'ah masjid mengetahui hukum islam. Fathul Mu'in adalah sebuah kitab Fiqh yang sudah masyhur dan terkenal di setiap Pondok Pesantren.

"Kajian ini dapat diikuti oleh siapapun, baik umat islam di wilayah RW 23 dan RW 24, Mergangsan Kidul, yang menjadi wilayah dakwah Masjid Baiturrahman, maupun umat islam di luar Mergangsan Kidul", ujarnya

Ia menegaskan, mengajak umat islam untuk mengikuti kajian rutin Jum'at malam. Diakhir kajian, dibuka pertanyaan bagi jama'ah untuk menanyakan apapun seputar agama islam, khususnya yng terkait dengan hukum islam.

Ustadz Firdaus Arifullah menjelaskan pentingnya pendidikan agama bagi anak sebelum baligh, khususnya dalam mengerjakan sholat.

Sebagaimana dalam hadist shohih "Perintahkan anak kecil itu mengerjakan shalat jika telah berusia 7 tahun, dan bila berumur 10 tahun, pukullah kalau ternyata ia meninggalkannya".

Ia menjelaskan memukul dalam konteks hadist tersebut lebih pada tujuan pendidikan. Selain itu, pukulan yang tidak membahayakan anak.

Selain itu, hikmah dari semua itu, sebagai latihan ibadah, agar membiasakan diri dan tifak akan meninggalkannya.

"Tugas orang tua mengantarkannya hingga baligh dengan pengajaran sholat, hukumnya wajib dan setelah baligh hukumnya sunah", tegasnya dihadapan jama'ah masjid Baiturrahman, Jum'at (5/2/2021)

Lebih lanjut, ia menjelaskan hak anak untuk mendapatkan pendidikan agama sebelum baligh menjadi kewajiban orang tua. Setelah anak baligh, maka menjadi tanggung jawab anak dihadapan Allah SWT.

Kekhusyukan sholat menjadi hal penting dalam mengerjakan sholat. Beberapa upaya agar khusyuk dalam sholat, merasa diawasi oleh Allah SWT., memahami bacaan sholat, kebiasaan diluar sholat, mengkondisikan sebelum sholat dan sholat dilakukan secara berjamaah. (KangRozaq)

#MasjidBaiturrahman
#AbdulRazaq

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 41
    Komentar
  2. 27
    Komentar
  3. 23
    Komentar
  4. 5
    Komentar