Jenang Sumsuman Menandai Berakhirnya Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan 2019

2 0 149
Gambar untuk Jenang Sumsuman Menandai Berakhirnya Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan 2019
Perhelatan Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun 2019, telah usai dilaksanakan di Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta pada hari ini Rabu (18/9/2019).

Menandai berakhirnya seluruh rangkaian perhelatan tersebut dan guna memaknai perhelatan dimaksud sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta memberikan nilai tambah bagi seluruh kader dan stakeholder tingkat kelurahan dan kecamatan, maka Lurah Wirogunan mengadakan acara Jenang Sumsuman.

Jenang Sumsuman dilaksanakan di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta pada Rabu (25/9/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, Kepala Puskesmas, drg. Risa Dhiana Permanasari, LPMK Wirogunan, Abdul Razaq, Ketua TP PKK Kec. Mergangsan, Ketua TP PKK Wirogunan, Ketua RT dan RW di wilayah RW 08, RW 03, RW 02 dan RW 01, Ketua kelembagaan sosial Wirogunan, dan kader yang terlibat dalam perhelatan dimaksud.

Acara jenang Sumsuman bermaksud sebagai sarana evaluasi, ucapan syukur atas terselenggaranya perhelatan KKG PKK KKBKK Kesehatan dan juga saling meminta maaf dan mengikhlaskan atas khilaf dan kesalahan selama proses hingga berakhirnya perhelatan dimaksud.

Jenang terbuat dari beras putih yang dicampur dengan beras ketan sedikit, kemudian ditaburi dengan gula merah atau gula putih di atasnya. Selain warnanya yang putih bersih dan diyakini sebagai simbol kebersihan hati dan kesejahteraan, jenang ini kerap disuguhkan ketika ada acara/kegiatan, misalnya pernikahan, dan dipercaya akan mendatangkan kesehatan, berkah, dan juga kekuatan bagi pasangan serta panitia.
Selain sebagai rasa syukur kepada-Nya, jenang juga dijadikan simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat masyarakat Jawa.

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati menyatakan bahwa rangkaian kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan dengan melibatkan banyak kader dan masing-masing telah berkontribusi untuk suksesnya kegiatan tersebut. Peran setiap kader punya nilai tambah dan memberikan manfaat bagi kader sendiri. "Sebagai Camat, saya sangat mengapresiasi atas peran dan kontribusi setiap kader. Jangan pernah bosan dan lelah untuk terus berbuat dan berkontribusi dalam masyarakat. Ada nilai dan makna yang akan diterima bagi setiap kader", kata Camat penuh semangat.

Sementara Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami yang juga sebagai pengarah dalam kegiatan evaluasi KKG PKK KKBKK dan Kesehatan 2019, menambahkan bahwa masyarakat di wilayah Kel. Wirogunan , khususnya Masyarakat yang menjadi locus kegiatan luar biasa dan peran mereka sangat bermanfaat bagi Wirogunan. "Kegiatan ini, sebagai awal gerakan meningkatkan PHBS, menjaga lingkungan dan kesehatan serta menggalakkan penghijauan di wilayah, disamping gerakan menanam sayur dan toga disetiap rumah. Kerja sama dan komunikasi kita terus tingkatkan, agar pemberdayaan masyarakat lebih meningkat", ujar Ibu satu anak ini.

Lebih lanjut, Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq yang juga sebagai penanggung jawab lapangan dalam kegiatan evaluasi, menambahkan bahwa Pemberdayaan masyarakat menjadi tanggungjawab jawab kita bersama. "Kerjasama ini, mari terus kita lestarikan dan tingkatkan untuk kepentingan dan kemajuan Wirogunan, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat", kata Bapak dua putera ini. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!