Jangan Jadi Korban Berikutnya! Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja Palsu Berikut Ini (3)

7 0 130
Gambar untuk Jangan Jadi Korban Berikutnya! Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja Palsu Berikut Ini (3)
Artikel bagian kedua :
https://atmago.com/berita-warga/jangan-jadi-korban-berikutnya-kenali-ciri-ciri-modus-penipuan-lowongan-kerja-palsu-berikut-ini-2_deeead1c-2bbe-41f4-8a98-23262596e5bd

8. Langsung Diterima tanpa Ada Proses Interview
Tidak ada yang namanya diterima kerja tanpa melalui proses interview terlebih dahulu. Lowongan kerja palsu akan memberikan kesan terburu-buru dan urgent seperti ‘Dibutuhkan segera’ ‘Dibutuhkan cepat’ atau ‘Proses Cepat’ untuk membuat korbannya seakan-akan lowongan ini sangat membutuhkan orang baru.

Sehingga tidak akan terlalu memperhatikan persyaratan si kandidat dan meyakinkan korbannya bahwa rate diterima sangat tinggi/pasti akan diterima.
Trik ini biasanya berhasil pada para freshgraduate, tapi sebenarnya jika dilihat-lihat tetap saja lowongan ini tidaklah masuk akal.

9. Tulisan Pada Lowongan Kerja, Baik Email atau SMS Terlihat Tidak Profesional dan Tidak Rapih
Sebuah lowongan asli selain detail dan jelas informasinya, hal yang perlu dijadikan perhatian adalah bentuk formatnya yang rapih, enak dilihat dan minim typo.

Kalimat yang digunakan pun terkesan formal seperti ‘Perusahaan kami sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Social Media Specialist, dengan persyaratan sebagai berikut:....’

Tapi lowongan kerja palsu ditulis sangat terburu-buru dan mendesak seperti ‘DIBUTUHKAN CEPAT’ ‘DIBUTUHKAN STAFF SEGERA, GAJI TINGGI’ terkesan sangat tidak profesional kan? Bahkan lowongan kerja palsu terkadang menghiraukan penulisan ejaan yang baik dan benar.

Jadi jika kamu menemukan atau mendapatkan lowongan kerja yang formatnya sudah tidak rapih dan baru dibaca saja sudah ganjil kemungkinan itu adalah lowongan kerja yang palsu.

Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa coba membandingkan contoh lowongan kerja asli yang bisa kamu cari di internet dan bandingkan dengan lowongan kerja palsu yang mungkin kamu dapatkan.

10. Meminta Data Pribadi
Kamu harus berhati-hati dan menjaga data-data pribadi dengan baik. Sebab di zaman now, modus penipuan lowongan kerja palsu kian beragam dan bisa merugikan dirimu.

Modus lain dari lowongan pekerjaan di situs pencari kerja palsu adalah untuk mendapatkan informasi pribadi sebanyak-banyaknya dan mendapatkan uang dari data tersebut.

Jangan pernah membagikan data atau informasi pribadi seperti foto selfie dengan KTP, nomor rekening bank, nomor CVV, kode OTP, nama lengkap orang tua, dan data pribadi lainnya.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati apabila saat melamar pekerjaan kamu mendapatkan link tautan, di mana kamu diminta untuk mengisi formulir data diri yang mengandung informasi bersifat pribadi / rahasia.

Pastikan, kamu cek dulu apakah website lowongan kerja yang kamu isi tersebut aman. Ciri-ciri umumnya antara lain ada awalan “https://”, bukan “http://”.

⚠️ Waspadai Penipuan Berkedok Apapun

Lowongan kerja palsu adalah sekian dari ratusan modus penipuan lainnya. Untuk itu selalu waspada dan berhati-hati agar terhindar menjadi korban penipuan. Selalu bertanya terlebih dahulu jika mendapatkan email atau sms mencurigakan, selalu konsultasikan terlebih dahulu ke teman atau cari informasi sebenarnya melalui internet.

Sumber :
https://humas.polresmetrobekasi.com/2021/12/ciri-ciri-lowongan-kerja-palsu.html

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar