Jaga Kesehatan, Melalui READSI Kini Ibu Rumah Tangga di Malangke Barat Kembangkan Sayur Organik

2 0 49
Gambar untuk Jaga Kesehatan, Melalui READSI Kini Ibu Rumah Tangga di Malangke Barat Kembangkan Sayur Organik
LUWU UTARA --- Fasilitator Desa Pembuniang Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI) Kementan, Kadding melakukan monitoring di Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Desa Pembuniang Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Jum'at (8/1/2021) lalu.

Tujuan monitoring ke KWT. Mawar untuk memastikan sudah sejauh mana perkembangan pertumbuhan sayur di budidayakan pada pekarangan rumah anggota, setelah dilakukan sekolah lapang (SL) dan bantuan soprodi yang mereka terima secara gratis.

Kebiasaan masyarakat Desa Pembuniang sebelumnnya, mengkonsumsi sayur yang mereka beli dari luar kecamatan yang dibawah oleh penjual sayur keliling dan sulitnya diajak dalam bergotong royong dalam pengolahan pemanfaatan pola pekarangan.

"Mereka menganggap mudah sayur ia beli. Tanpa memikirkan bahaya mengkonsumsi sayur yang sumber olahannya tidak diketahui apakah banyak mengandung rezidu kimia atau tidak yang dapat membahayakan kesehatan atau dapat meningkatkan stunting di masyarakat, "tutur Kadding.

Kata Dia, Akan tetapi setelah dilakukan pendampingan pada KWT. Mawar melalui program READSI, Kementan dengan melalukan pendekatan persuasif kepada masyarakat yang dimulai di KWT. Mawar dengan memanfaatkan pola pekarangan rumah mereka.

Masyarakat kini telah mulai muncul kesadaran. Benih sayur yang dibagikan dan mereka kembangkan telah membuahkan hasil paling tidak menjadi konsumsi yang sehat di rumah tangga, bahkan sudah ada anggota KWT. Mawar yang menjual hasil produksi nya di pasar lokal sekitarnya.

"Alhamdulillah Sayur yang mereka budidayakan adalah sayur non kimia sehingga baik untuk sehatan dan dapat pula menambah penghasilan ditengah pandemi corona virus 2019, "pangkasnya. (Rls)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 8
    Komentar

    BEMETENG Punya Acara Hari Ini

  3. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  4. 3
    Komentar

    Driver Delivery