Inovasi Ibu Bidan Mempercepat Sistem Rujukan Ibu Melahirkan

2 0 317
Gambar untuk Inovasi Ibu Bidan Mempercepat Sistem Rujukan Ibu Melahirkan
Hj.Lilih Resmiati,S.Tr.Keb seorang Bidan bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang menjabat sebagai Kasie Kesehatan Keluarga. Beliau menerima laporan kasus sebanyak rata-rata 25 kasus ibu hamil yang akan melahirkan, dan kebanyakan di malam hari sampai dini hari. Lilih sering menangani secara langsung beberapa pasien yang susah diterima oleh Rumah Sakit. Lilih berpandangan ini ada komunikasi dan informasi yang terputus, tidak bisa terus menerus seperti ini, ada yang salah dengan sistem rujukan yang ada. Bahkan RS Sekarwangi kewalahan dalam menangani kasus rujukan dari setiap Puskesmas.
Dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, Lilih mengambil sikap untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait mulai dari pihak Rumah Sakit, BPJS Kesehatan, Para dokter dan Bidan dari setiap Puskesmas untuk mempercepat sistem rujukan. Upaya yang dilakukan adalah membuat jejaring zonasi memanfaatkan Media Sosial (Whatsup Grup). Sistem zonasi ini selain dari pertimbangan jarak juga pertimbangan letak geografis dari masing-masing puskesmas ke Rumah sakit terdekat. Hal ini dilakukan agar proses penanganan dengan rujukan bisa efektif dan efisien serta mendapat respontime yang cepat sehingga pasien bisa mendapat penanganan lebih tepat. Kabupaten sukabumi mempunyai 7 Rumah sakit baik swasta maupun PEMDA. Lilih beserta tim memetakan 52 puskesmas yang terdekat dengan ke 7 rumah sakit tersebut. Dengan inovasi ini, proses rujukan bisa dipangkas dari 4 jam menjadi 15 menit.
Jejaring zonasi by WA Grup ini bukan untuk menghapus siRATU atau aplikasi yang sudah ada, Namun hanya melengkapi kekurangan sistem rujukan saat ini karena Keterlambatan respontime rujukan sangat berpengaruh pada outcome rujukan. Lilih sadar sistem ini tentu masih banyak kekurangan dan tidak mengklaim bahwa sistem ini yang paling baik, tetapi setidaknya ini yang bisa dilakukan sambil memperbaiki sistem yang ada. Dan terbukti setelah sistem ini diberlakukan pihak RS Sekarwangi mengklaim mengalami penurunan kasus rujukan sebanyak 40% dari biasanya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar