Hindari Covid-19, Jangan Sepelekan Cuci Tangan

1 0 1726
Gambar untuk Hindari Covid-19, Jangan Sepelekan Cuci Tangan
Covid-19 / Novel Coronavirus / 2019-nCoV merupakan virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia menyebabkan flu biasa hingga penyakit serius seperti MERS & SARS. Hingga saat ini belum ada vaksin untuk Covid-19. Yang bisa dilakukan adalah mencegah infeksi virus ini. Virus ini menyebar ketika partikel virus masuk ke dalam mata / hidung / mulut orang sehat.

Virus ini dapat menempel pada permukaan benda lebih dari 24 jam & satu-satunya cara yang efektif untuk membasminya adalah dengan mencucinya dengan sabun.

Terkadang air liur orang yang sakit dapat menempel pada tangan mereka, kenop pintu, pena, mouse/tetikus, pegangan kereta, tisu, gelas, alat makan, perangkat digital, tombol lift, pegangan tangga, & lain-lain, bahkan di bagian luar masker orang yang sehat. Jika kita tidak sengaja menyentuh benda-benda itu, lalu menyentuh wajah, mengucek mata, atau wajah orang terdekatmu, maka kita semua bisa jatuh sakit.

Jadi usahakan jangan menyentuh wajah (atau wajah orang lain). Kalau memang harus, cucilah tangan dengan sabun secara menyeluruh terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan 'menyeluruh'? Cucilah bagian belakang telapak, sela-sela jari, bagian bawah kuku, selama 20 detik.

Jangan berbagi makanan, alat makan, gelas, handuk. Jika bisa, usahakan membuka dan menutup pintu dengan siku atau bahumu. Karena siku atau bahu hampir tidak bisa menyentuh wajah. Selalu cuci tangan dengan sabun, sebelum makan & setelah pergi ke tempat umum.

Sumber: BNPB

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 4
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar