Hanya Allah Saja Yang Bisa Mengentaskan Musibah Ini

3 0 291
Gambar untuk Hanya Allah Saja Yang Bisa Mengentaskan Musibah Ini
𝐇𝐀𝐍𝐘𝐀 𝐀𝐋𝐋𝐀𝐇 𝐒𝐀𝐉𝐀 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐁𝐈𝐒𝐀 𝐌𝐄𝐍𝐆𝐄𝐍𝐓𝐀𝐒𝐊𝐀𝐍 𝐌𝐔𝐒𝐈𝐁𝐀𝐇 𝐈𝐍𝐈

Allah berfirman:

وَإِن یَمۡسَسۡكَ ٱللَّهُ بِضُرࣲّ فَلَا كَاشِفَ لَهُۥۤ إِلَّا هُوَۖ وَإِن یَمۡسَسۡكَ بِخَیۡرࣲ فَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَیۡءࣲ قَدِیرࣱ

"Apabila Allah menimpakan musibah kepadamu, maka tidak ada yang bisa mengentaskannya kecuali Dia (Allah). Dan jika Allah memberikan kebaikan kepadamu, maka Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. Al-An'am: 17)

Syaikh Abdurrahman As-Sa'di rahimahullahu berkata: "Diantara dalil akan keesaan Allah ta'ala (tauhid) bahwasanya Dialah (Allah) satu-satunya Dzat yang bisa mengentaskan musibah dan yang bisa mendatangkan kebaikan serta kebahagiaan. Oleh karenanya Allah berfirman "apabila Allah menimpakan musibah" baik berupa kefakiran, penyakit (seperti #covid-19), kesulitan, kesedihan, atau selainnya (seperti #banjir bandang, #gempa bumi, tanah #longsor) "maka tidak ada yang bisa mengentaskannya kecuali Dia (Allah). Dan jika Allah memberikan kebaikan kepadamu, maka Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu".
Apabila Allah adalah satu-satunya Dzat yang dapat mendatangkan manfaat dan madharat maka Dialah yang berhak untuk diesakan dalam ibadah."

(Tafsir Al-Karim Ar-Rahman hal. 280 oleh Syaikh Abdurrahman As-Sa'di rahimahullahu)

Maka Marilah kita beribadah hanya kepada Allah saja, bertawakkal hanya kepada Allah, berdoa hanya kepada Allah, beristighatsah (minta tolong dikala susah) hanya kepada Allah, bersumpah dengan hanya menyebut nama Allah, bernadzar untuk Allah, menyembelih hewan qurban hanya untuk Allah. Dan bukan untuk malaikat, nabi, wali, jin dan lain sebagainya dari makhluk ciptaan Allah.

✍🏻___Sumber :
Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc.

https://fb.com/abdurrahmanthoyyib

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)

  3. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru