Gelar Survei! YBS Palopo Temukan Banyak Keluhan Warga Soal Sampah

4 0 74
Gambar untuk Gelar Survei! YBS Palopo Temukan Banyak Keluhan Warga Soal Sampah
PALOPO – Keluhan demi keluhan dilontarkan sejumlah warga terkait pengelolaan sampah. Hal itu terungkap saat tim Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) melakukan survei di enam Kelurahan Kota Palopo.

Adalah Pontap, Ammasangan, Salekoe, Ponjalae, Benteng dan Dangerakko merupakan titik sasaran survei yang di lakukan YBS Palopo beberapa hari terakhir, Kamis (11/3/2021).

Salah satu pemicunya, yakni tidak teragendanya jadwal jasa pengangkutan sampah, khususunya diwilayah perumahan, hingga menimbulkan aroma menyengat.

“Bahkan ada yang sudah satu minggu menumpuk baru diangkat pak, itupun sudah menyengat dan berserakan,” kata Rahmat Warga Benteng.

Ditambahkan Rahmat, dirinya berharap penuh kepada pihak terkait agar keluhan masyarakat dapat segera teratasi mengingat dapat menggangu kesehatan.

“Kita disini banyak yang punya anak kecil, kalau sampah terus menumpuk, maka dapat menimbulkan penyakit, apalagi saat ini sering hujan,” harapnya.

Senada disampaikan Dian warga Kelurahan Salekoe dimana kurangnya wadah atau sampah yang menjadi titik pusat pembuangan.

“Minimal kami disini punya wadah atau bak sampah sebagai titik tumpukan sampah, karena saat ini kebanyakan warga hanya membuang sampah dipinggir jalan,” ujarnya.

Selain armada yang jarang beroperasi warga juga sangat membutuhkan tempat sampah. Jika bisa, ada gerobak atau motor sampah masuk ke gang-gang kecil.

"Karena kita hanya menggunakan kantong plastik dan karung. Tidak enaknya lagi kita buang di pinggir jalan depan rumah orang," tutup warga lainnya Mira.

Sebagai pendamping masyarakat, YBS Palopo, dalam waktu dekat akan mendiskusikan kembali bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) sekaligus mencari solusinya. (Ek)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar