Gelar Pelatihan Faskom Desa di Hari Kartini, Dinas KBP3A Perkuat Analisis Kebijakan Responsif Gender

2 0 341
Gambar untuk Gelar Pelatihan Faskom Desa di Hari Kartini, Dinas KBP3A Perkuat Analisis Kebijakan Responsif Gender
Bertepatan dengan Hari Kartini yang diperingati secara nasional, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Gresik menggelar forum pelatihan fasilitator komunitas desa (sekolah perempuan) pada Rabu (21/04).

Selama 3 hari penuh para fasilitator komunitas desa berkumpul di Ruang Lantai 2 Dinas KBP3A Kab Gresik. Mereka akan dibekali berbagai ilmu perihal isu-isu penguatan kapasitas dan peran perempuan, utamanya pengarusutamaan gender.

Dalam pelatihan ini juga dihadiri oleh narasumber dari organisasi perempuan lokal, seperti PD Aisyiyah Gresik, PC Fatayat NU Gresik, Koalisi Perempuan Gresik (KPG), PATTIRO Gresik, ASBAG, PSGA Univ. Qomaruddin, dan STAI Darut Taqwa.

Mengawali pelatihan, di hari pertama para fasilitator komunitas (faskom), mendapatkan materi tentang relasi antara gender dan pembangunan, lalu dilanjutkan dengan bagaimana membangun komunikasi interpersonal yang efektif, serta strategi komunikasi dengan sosial media.

Saat membuka acara pagi tadi, Kepala Dinas KBP3A Adi Yumanto berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat membuka cakrawala berfikir dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pengarusutamaan gender.

Adi Yumanto menyampaikan dengan diadakannya pelatihan ini merupakan salah satu bentuk penguatan pengetahuan terkait responsif gender. "Responsif gender tidak hanya melulu soal perempuan dan laki-laki, namun juga berkaitan dengan keikutsertaan dan manfaat pembangunan juga harus dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan." Pungkasnya

Kontributor : Wenda Febrianti

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar