‘Gandeng Gendong’ Pemkot Fasilitasi Jaminan Ketenagakerjaan Relawan Dapur Covid-19 

6 0 65
Gambar untuk ‘Gandeng Gendong’ Pemkot Fasilitasi Jaminan Ketenagakerjaan Relawan Dapur Covid-19 
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bersama korporasi berinisiasi memberikan program BPJS Ketenagakerjaan bagi para Relawan Dapur Sehat Covid-19 dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Yogyakarta. Terutama yang belum memiliki perlindungan jaminan ketenagakerjaan. Fasilitasi jaminan ketenagakerjaan itu melalui 
program Gandeng-Gendong Pemkot Yogyakarta. 
“Kami berharap dengan program Gandeng Gendong, semakin banyak terobosan inisiatif kerjasama bantuan untuk mendukung Kota Yogyakarta dalam ketahanan masyarakat dalam bidang sosial ekonomi,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meluncurkan Program Gandeng-Gendong Edukasi Kemanfaatan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Relawan Covid-19 dan Tagana pada Jumat (7/5/21) di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta.
Dalam kesempatan itu pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada 8 perusahaan yang telah berpartisipasi dalam program tersebut. Perlindungan ini diberikan kepada relawan dalam kecelakaan kerja dan jaminan kematian untuk memberikan jaminan keselamatan. 
Program tersebut bersifat bantuan berupa stimulasi iur jaminan ketenagakerjaan.  Setelah melewati stimulus, diharapkan relawan bisa meneruskan iur secara pribadi.
Menurutnya dalam penanggulangan masalah pandemi, Kota Yogyakarta beruntung memiliki banyak komunitas masyarakat yang mempunyai kepedulian untuk membantu kerja pemerintah daerah, seperti Tagana Kota Yogyakarta. Terutama agar balita, anak-anak serta generasi muda bangsa tidak mengalami kehilangan masa emas dalam pembentukan pondasi kesehatan fisik, mental serta intelektual.
“Kami memohon dukungan dari segenap masyarakat serta pemangku kepentingan agar tantangan  pandemi dapat kita hadapi dan selesaikan secara gotong-royong kita bangun solidaritas. Hingga saat berakhirnya pandemi kehidupan ekonomi masyarakat segera pulih dan bangkit kembali seperti semula saat sebelum pandemi,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Yogyakarta, Asri Basri mengatakan, kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diberikan untuk 300 orang Relawan Dapur Sehat Covid-19 dan 50 orang Tagana Kota Yogyakarta untuk masa tenggang enam bulan.
Sejumlah perusahaan yang membantu menanggung iur BPJS Ketenagakerjaan untuk Relawan Dapur Sehat Covid-19 dan Tagana Kota Yogyakarta yakni Bank Pembangunan Daerah (BPD) cabang Senopati, untuk kepesertaan 100 orang mendapatkan Rp. 10.000.000, serta PT. K-24 dan Mirota Kampus Simanjuntak (Manna Kampus) dengan kepesertaan 100 orang mendapatkan sebanyak Rp 10.080.000.
Adapun korporasi yang memberikan donasi untuk kepesertaan 50 orang relawan Tagana Kota Yogyakarta selama enam bulan adalah CV. Karya Hidup Santosa (CV.KHS) untuk kepesertaan 30 orang senilai  Rp 3.000.000 dan PT.World Innovative Telecommunication (OPPO) untuk kepesertaan 20 orang masing-masing mendapatkan Rp 2.000.000. Selain itu dibantu dari berbagai pihak, untuk korporasi yang memberikan donasi tambahan Nutrisi Paket Gizi dari UD Boga Abadi, Larissa Scine Abadi, Parsley Bekery. (Hes)
sumber :
Jogja Smart Service

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar