Forum Serasi Madani Dorong Puskesmas Ramah Disabilitas Merata di Kabupaten Pekalongan

Gambar untuk Forum Serasi Madani Dorong Puskesmas Ramah Disabilitas Merata di Kabupaten Pekalongan
KAJEN – Sekretaris Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pekalongan Erlita Rismilliyana, M.Pd sekaligus Ketua Forum Serasi Madani (FORSEMA) Kabupaten Pekalongan menghadiri acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pekalongan Tahun 2021 - 2026 pada, Kamis (29/07/2021) siang.

Rapat dilaksanakan di Aula Lantai 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan secara virtual dengan OPD, Kecamatan dan Organisasi Masyarakat serta LSM di kantor masing - masing.

Rapat dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE., MM dan H. Riswadi, SH., Forkopimda Kabupaten Pekalongan serta Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Fadia Arafiq menyampaikan visi misi Bupati Wakil Buapti Kabupaten Pekalongan Tahun 2021-2026 yaitu “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pekalongan yang Sejahtera, Adil, Merata (SETARA) dan Berbudaya Gotong Royong” yang memprioritaskan di Bidang Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur.

Dalam kesempatan tersebut Erlita menyampaikan usulan dari Organisasi Masyarakat Muslimat NU terkait dengan “Puskesmas Ramah Disabilitas”. Bahwa dalam rangka ikut mewujudkan visi misi Bupati dan menjamin akses layanan Kesehatan seperti yang tercantum dalam Pasal 6 Perda No 2 Tahun 2020 tentang Penyandang Disabilitas , Erlita menyampaikan usulan beberapa hal yaitu :

1. Puskesmas yang ramah disablitas harus diperbanyak dengan sebaran yang proporsional di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan
2. Pemerintah Kabupaten Pekalongan harus menyediakan sejumlah kebijakan untuk menjamin akses kami kaum disabilitas untuk Layanan Kesehatan yang Ramah
3. Pemerintah Kabupaten Pekalongan harus menyediakan anggaran yang cukup untuk pemenuhan sarana kelengkapan Layanan Puskesmas Ramah Disablitas
4. Dalam rangka mendorong hal tersebut harus ada skala prioritas melalui ujicoba dan piloting Puskesmas Ramah Disabilitas di wilayah Kabupaten Pekalongan
5. Oleh karena itu untuk mewujudkan point nomer empat tersebut diatas , perlunya melibatkan stakeholder terutama masyarakat Sipil seperti PPDFI dan juga Forum SERASI MADANI serta kekuatan Organisasi lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH menerima usulan masukan dari seluruh stakeholder forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD dalam mewujudkan Visi Misi Kabupaten Pekalongan tahun 2021 - 2026. Acara berlangsung dengan menerapkan aturan protokol kesehatan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Penyerahan Bantuan Kursi Roda Kepada Warga


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat