Forum Serasi Madani Belajar Bersama Teknik Survei Umpan Balik Warga

Gambar untuk Forum Serasi Madani Belajar Bersama Teknik Survei Umpan Balik Warga
Kajen - Guna meningkatkan kapasitas Forum dalam menjalankan program – programnya, Forum Serasi Madani Kabupaten Pekalongan kembali mengadakan acara Serial Meeting dengan pembahasan mengenahi teknik survei umpan balik warga terkait dengan keluhan pelayanan puskesmas belum lama ini di Saung Sekolah Alam Pekalongan yang beralamat di komplek Perum Karangsari Karanganyar Kajen Pekalongan. Menurut Ketua Forum Serasi Madani Erlita Rismillyana ada tiga tujuan dari pelaksanaan serial meeting Forum ini. “Anggota mampu memahami strategi pelaksanaan teknis survey umpan balik warga terkait dengan keluhan layanan puskesmas, anggota mampu memahami proses pelaksanaan survei dan terakhir anggota forum mampu memahami pemanfaatan hasil survey untuk keperluan advokasi Forum” Jelasnya.

Kemudian dalam dalam sesi diskusi, Farid Husni yang merupakan Field Coordinator program USAID MADANI di Kabupaten Pekalongan menjadi fasilitator tunggal. Diawal waktu Farid memberikan materi teknik survei umpan balik terutama dalam pelayanan publik sesuai isu tematik yang diangkat yaitu pengelolaan keluhan pelayanan publik di Puskesmas, seperti apa tujuan diadakannya survei, langkah-langkahnya , kriteria, lokasi survei, hingga jadwal pelaksanaan survei. “Untuk format kuesioner dan pengolahan data kita mengacu sesuai Permenpan RB No.14 Tahun 2017 tentang pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik”, terang Farid.
Meskipun cuaca yang kurang mendukung hujan dan dingin di Kajen dan sekitarnya, jalannya diskusi dan berbagi pengalaman tentang survei semakin “hangat” dengan interaktifnya diskusi antar anggota dan fasilitator, terutama masukan dan berbagi ilmu dari anggota perwakilan dari akademisi/Perguruan Tinggi yang pada saat itu hadir seperti Moch Arifin perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) memberikan banyak saran dan ilmu tentang dunia survei dilapangan.

Di sesi acara terakhir, menindaklanjuti rencana teknis pelaksanaan survei umpan balik, Ketua Forum Serasi Madani Erlita Rismilliyana memimpin musyawarah anggota Forum dan menghasilkan keputusan – keputusan mengenahi personel siapa saja yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan survei, lokasi penelitian, pembagian enumerator hingga waktu pelaksanaan survei.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara

  3. Hari pertama pelaksanaan ANBK di SDIT BINA INSAN CITA


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat