Forum Serasi Madani Adakan Diskusi Penggalian dan Pengolahan Data

Gambar untuk Forum Serasi Madani Adakan Diskusi Penggalian dan Pengolahan Data
Pekalongan - Forum Serasi Madani adakan Sharing Session Penguatan Forum SERASI dengan tema Berbagi Pengalaman dan Pengolahan Data Terkait dengan Tata Kelola Pengelolaan Keluhan Masyarakat di Puskesmas pada Sabtu (30/1) bertempat di Meeting Room Rumah Makan Nasi Surga Kedungwuni Pekalongan.

Ketua Forum Serasi MADANI Erlita Rismilliyana dalam sambutannya menyampaikan mengenahi progress program Forum terutama Sharing Session dalam penguatan kapasitas Forum. “bahwa sebelumnya telah dilaksanakan dan disampaikan materi – materi untuk penguatan kapasitas forum yaitu sosialisasi pengukuran Indeks Kinerja Organisasi, penyusunan Renstra dan dokumen dasar organisasi nirlaba, sosialisasi ODK Collect”, terang Erlita. “Dan pada pertemuan kali ini adalah berbagi Pengalaman Penggalian dan Pengolahan Data terkait dengan Tata Kelola Pengelolaan Keluhan Masyarakat di Puskesmas."

Sementara itu salah seorang narasumber Muhammad Arifin dari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) yang menyampaikan beberapa teknik dalam mengumpulkan data seperti primer (utama) dan sekunder (tidak langsung).Sedang menurut sifatnya bisa kualitatif (tidak bilangan) dan kuantitatif (bilangan). “Beberapa teknik analisis data mempunyai kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu disesuaikan dengan kebutuhan penelitian atau survey”, jelas Arifin.

Kemudian dalam sesi diskusi yang dipimpin oleh ketua Forum Erlita membahas lebih mendalam mengenahi rencana tindak lanjut kegiatan yakni membentuk tim Penggalian dan Pengolahan Analisis Data. Berdasarkan musyawarah bersama Forum disepakati koordinator tim adalah Siti Masitoh selaku Bidang Data dan Informasi dengan empat anggotanya yakni Muhammad Arifin dan Rini (UMPP), Moh Azmi (Ansor NU) dan Safrudin Huna (PCNU). “Tugas dari tim itu akan menghimpun dan menentukan data – data apa dan dari mana saja yang dibutuhkan termasuk dari data yang dikumpulkan oleh anggota forum, alat survey yang digunakan serta memastikan wilayah piloting Puskesmas mana yang akan diambil sesuai isu tematik yang telah ditentukan, ujar Erlita.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat